Ini Kata Boss Apple Soal Ajakan Jokowi Investasi di IKN, Demi Bangun Smart City

  • 18 April 2024 15:18:40
  • Views: 3

PIKIRAN RAKYAT - CEO Apple, Tim Cook menanggapi sejumlah permintaan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi), setelah melakukan pertemuan di Istana Negara, Rabu, 17 April 2024.

Salah satu permintaan Presiden Jokowi pada Cook adalah investasi di Indonesia, khususnya di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, di Kalimantan Timur, untuk membangun bersama kota pintar (Smart City).

Menanggapi permintaan tersebut, Cook mengatakan bahwa Indonesia punya banyak peluang sebagai tempat investasi Apple. Ia tak menyebutkan secara spesifik IKN, namun peluang itu, kata Cook, nyaris tak bertepi.

“Saya kira kemampuan investasi di Indonesia tidak ada habisnya. Menurut saya, ada banyak tempat bagus untuk berinvestasi. Dan kami berinvestasi. Kami percaya pada negara ini," ujar dia, dalam konferensi pers usai bertemu Jokowi, Rabu, 17 April 2024.

Di kesempatan serupa, ia menyampaikan jika perusahaannya akan mempertimbangkan pembangunan manufaktur di Indonesia.

“Kami berbicara tentang keinginan presiden untuk melihat (terbangunnya) manufaktur di dalam negeri dan itu adalah sesuatu yang akan kami pertimbangkan,” kata Cook.

Selama tiga tahun terakhir, Apple diketahui tengah mempercepat upayanya untuk mendiversifikasi basis manufakturnya di luar Tiongkok setelah pandemi Covid-19.

Corona dan dampaknya mengganggu operasi dan produksi di pabrik iPhone utama Apple di Tiongkok, yang dioperasikan oleh mitra perakitannya, Foxconn.

Apple sejak saat itu memang tampak bekerja keras memperluas basis manufakturnya. Adapun, salah satu pusat manufaktur Apple terbesar di luar Tiongkok adalah Vietnam. Dengan demikian, Produk seperti MacBook, iPad dan Apple Watch diproduksi di negara tersebut.

Baca Juga: Gerindra Tanggapi Amicus Curiae Megawati: Tak Bisa Jadi Bahan Pertimbangan Hakim MK

Sebelumnya, Menkominfo RI, Budi Arie dalam konferensi pers terbaru, mengungkapkan isi permintaan Jokowi atas Apple terkait pembangunan di IKN.

Presiden Jokowi mengajak Apple untuk ikut mengembangkan kota pintar (smart city) di IKN. Perusahaan teknologi asal Amerika Serikat (AS) itu diminta menjadi partnet Otorita IKN nantinya.

"Disampaikan oleh Pak Presiden bahwa bagaimana Apple juga bisa berpartisipasi dalam pengembangan smart city di IKN," tutur Budi Arie, di Gedung Kominfo, Jakarta, Rabu, 17 April 2024.

Selain itu, Jokowi juga meminta Apple supaya melibatkan Indonesia secara aktif dalam rantai pasok global. "Jadi Presiden juga sampaikan supaya meminta Apple untuk meningkatkan peran Indonesia dalam global supply chain," ujar Budi Arie. ***


Sumber: https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-017976152/ini-kata-boss-apple-soal-ajakan-jokowi-investasi-di-ikn-demi-bangun-smart-city?page=all
Tokoh





Graph

Extracted

persons Joko Widodo, Megawati Soekarnoputri,
companies Foxconn,
ministries Kemenkominfo, MK,
parties Gerindra,
fasums Istana Negara,
products iPhone,
nations Amerika Serikat, Indonesia, Republik Rakyat Cina, Vietnam,
places DKI Jakarta, KALIMANTAN TIMUR,
cities Tiongkok,
cases covid-19,
brands Apple,
musicclubs APRIL,