Jokowi Gandeng Apple Bangun IKN, Apa Isi Rayuan Presiden pada Tim Cook?

  • 18 April 2024 18:35:51
  • Views: 8

PIKIRAN RAKYAT - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggandeng Apple untuk ikut membangun Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, di Kalimantan Timur.

Jokowi menemui CEO Apple, Tim Cook langsung untuk menyampaikan beberapa permintaan dan 'bujukan', salah satunya terkait IKN. Pertemuan berlangsung hari ini, Rabu, 17 April 2024, di Istana Negara, Jakarta.

Menkominfo RI, Budi Arie dalam konferensi pers terbaru, mengungkapkan isi permintaan Jokowi atas Apple terkait pembangunan di IKN yang sampai saat ini masih terus berlanjut.

Pengembangan Smart City 

Presiden Jokowi mengajak Apple untuk ikut mengembangkan kota pintar (smart city) di IKN. Perusahaan teknologi asal Amerika Serikat (AS) itu diminta menjadi partnet Otorita IKN nantinya.

"Disampaikan oleh Pak Presiden bahwa bagaimana Apple juga bisa berpartisipasi dalam pengembangan smart city di IKN," tutur Budi Arie, di Gedung Kominfo, Jakarta, Rabu, 17 April 2024.

Peran Indonesia dalam Rantai Pasok Global

Kendati tak berkaitan langsung dengan IKN, Jokowi meminta Apple supaya melibatkan Indonesia secara aktif dalam rantai pasok global.

Rantai pasok yang dimaksud salah satunya dengan meningkatkan produksi komponen telepon genggam alias ponsel di Tanah Air.

"Jadi Presiden juga sampaikan supaya meminta Apple untuk meningkatkan peran Indonesia dalam global supply chain (rantai pasok global)," ujar Budi Arie.

Bukan tanpa alasan, permintaan Jokowi menyusul fakta bahwa dari 360 komponen ponsel, hanya ada dua komponen yang dibuat di Indonesia.

Bila dibandingkan dengan Vietnam, misalnya. Negara itu memiliki sebanyak 72 komponen sehingga gap angkanya begitu jauh dengan Indonesia.

Rencana Kepindahan ke IKN

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Abdullah Azwar Anas mengatakan ASN di 38 kementerian/lembaga akan pindah ke Ibu Kota Nusantara (IKN) pada September 2024 secara bertahap. Pemindahan tahap pertama dilakukan setelah upacara HUT ke-79 RI.

"Kami mendapatkan arahan dari Istana bahwa pemindahan bertahap, tetapi ASN akan mulai pindah setelah Agustus, setelah upacara," kata Azwar dalam konferensi pers di Kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), Jakarta, Rabu, 17 April 2024.

Namun, pada bulan Juli mendatang, akan ada beberapa menteri yang lebih dulu pindah ke IKN, salah satunya Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.

"Juli, para menteri sebagian ada yang mulai pindah ke IKN, termasuk Pak Basuki," ujarnya. ***


Sumber: https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-017975990/jokowi-gandeng-apple-bangun-ikn-apa-isi-rayuan-presiden-pada-tim-cook?page=all
Tokoh









Graph