Ponorogo Alokasi Rp6,6 M untuk Keamanan Pilkada 2024

  • 21 Januari 2024 20:02:41
  • Views: 4

Ponorogo (beritajatim.com) – Guna kondusifitas pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 mendatang, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ponorogo meningkatkan alokasi anggaran keamanan untuk polres setempat. Polres Ponorogo bakal dikucurkan dana sebanyak Rp 6,6 miliar untuk pemilihan bupati yang direncanakan pada bulan November mendatang.

“Anggaran keamanan Pilkada 2024 untuk Polres Ponorogo sebesar Rp 6,6 miliar. Jumlah itu juga sudah sesuai dengan penyusunan APBD 2024 lalu,” kata Kepala Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Ponorogo Sumarno, ditulis Minggu (21/01/2024).

Sumarno menjelaskan bahwa anggaran keamanan Pilkada 2024 untuk Polres Ponorogo jumlahnya naik, jika dibandingkan dengan anggaran Pilkada 2019 lalu. Kala itu, Pemkab Ponorogo kucurkan dana sekitar Rp 4 miliar. Dia menjelaskan bahwa pihaknya tengah berkoordinasi dengan Polres Ponorogo dan Polda Jatim guna proses serah terima anggaran.

” Kita komunikasi intens baik dengan Polres Ponorogo maupun Polda Jatim terkait dengan proses serah terima anggarannya,” katanya.

Kenaikan anggaran tersebut sekitar 20 persen lebih tinggi dari Pilkada 5 tahun sebelumnya. Hal itu, tentu sejalan dengan tingkat kebutuhan keamanan yang lebih intensif. Selain Polres Ponorogo, anggaran keamanan juga akan diberikan kepada Kodim 0802 Ponorogo dan Denpom. Di mana masing-masing instansi keamanan itu, dianggarkan masing-masing sekitar Rp 600 juta dan Rp 200 juta.

“Kodim dan Denpom juga dianggarkan, masing-masing dianggarkan Rp 600 juta dan Rp 200 juta,” katanya.

Berbeda dengan KPU dan Bawaslu Ponorogo yang telah memulai pencarian anggaran sejak 2023, seluruh anggaran untuk keamanan tersebut akan dicairkan tahun ini. Marno sapaannya menekankan bahwa penyesuaian anggaran ini sesuai dengan tahapan pengamanan yang dimulai pada tahun 2024, berbeda dengan tahapan Pilkada yang sudah dimulai sejak 2023.

“Pun mereka juga mereka menyesuaikan, karena tahapan pengamanan dimulai tahun 2024 iniini,”

Marno juga menambahkan bahwa Pemkab Ponorogo telah mengucurkan dana hampir Rp 80 miliar untuk memenuhi kebutuhan KPU, Bawaslu, TNI/Polri, hingga Denpom. Dengan pembuatan NHPD (Naskah Perjanjian Hibah Daerah) bersama KPU dan Bawaslu pada akhir 2023.

“Harapannya pelaksanaan pemilihan bupati mendatang dapat berjalan lancar tanpa hambatan, baik dari segi penyelenggaraan maupun keamanan,” pungkasnya. [end/aje]


Baca berita lainnya di Google News atau langsung di halaman Indeks



Sumber: https://beritajatim.com/politik-pemerintahan/ponorogo-alokasi-rp66-m-untuk-keamanan-pilkada-2024/
Tokoh

Graph

Extracted

companies Dana, Google,
ministries Bawaslu, KPU, TNI,
events Pilkada Serentak,
places JAWA TIMUR,
cities Ponorogo,