Ini Ketangguhan Moge Yamaha TMAX DX Rp 320 Juta

  • 06 Agustus 2022 23:25:56
  • Views: 2

Jakarta -

Segmen motor Indonesia memang menarik untuk disimak, karena semua segmen memiliki pecintanya alias tetap ada yang membeli meski seharga mobil. Seperti motor matic bongsor Yamaha TMAX DX memiliki harga jual mencapai Rp 320.000.000.

Wajar jika pecinta motor matic bongsor Yamaha Ini jatuh hati, karena produsen motor asal Jepang ini menawarkan berbagai fitur menarik yang tidak bisa dipandang sebelah mata.

Seperti yang diketahui bersama, Yamaha TMAX DX di Indonesia ditawarkan dengan mengusung mesin 530cc, dengan bore68 mm dan stroke 73 mm, bersama dengan kompresi mencapai 10,9 : 1. Wal hasil mesin Yamaha TMAX DX ini mampu menyemburkan 33,8 Kw di RPM 6.750 dan torsi mencapai 53 Nm di RPM 5.250.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Soal dimensi, mengingat mesin besar yang digendong, wajar jika motor matic yang satu ini memiliki tubuh bongsor. Dengan memilliki total dimensi mencapai 2.200 mm, lebar 765 mm, dan tinggi mencapai 1.420-1.555 mm (windscreen dihitung).

Sangking banyak yang menginginkan Yamaha Tmax di Indonesia, pada akhir 2021 lalu saja konsumen Tmax harus rela antre panjang dalam calon konsumen Completely Built Up (CBU) Yamaha. Seperti yang dijelaskan Manager Public Relation, YRA & Community YIMM, Antonius Widiantoro kala itu yang mengatakan sepeda motor impor secara utuh perlu waktu lebih panjang. Terutama terkait kuota impor, perizinan Tanda Pendaftaran Tipe (TPT), hingga homologasi sesuai aturan berlaku di Indonesia.

YamahaYamaha TMAX 2022 Foto: Yamaha-motor.eu

Kita perlu planning yang matang, karena ini import harus kita perhitungkan motor apa yang mau kita import di-request ke pemerintah izinnya, kata Anton waktu itu.

Terlepas dari hal tersebut, Yamaha terus permak TMAX untuk memenuhi kebutuhan pelanggannya, terutama pasar Eropa. Yamaha TMAX di Eropa mengalami perubahan desain radikal, yang membuatnya terlihat semakin gagah dengan sejumlah pembaruan.

Dikutip dari Ride Apart, Yamaha membawa banyak perubahan terutama pada desain TMAX 2022. Mulai dari rangka alumunium hingga fascia yang kini diperbarui agar tampilannya semakin kompak.

Yamaha kini mengusung TMAX 2022 dengan desain lebih gahar. Hal ini terlihat dari rangka body yang mengusung bahan aluminium, sehingga semakin kokoh dan siap dipacu dalam kecepatan penuh di jalan raya.

Kini, lampu LED pada Yamaha TMAX 2022 dibuat lebih ramping agar terlihat sporty dan elegan. Terdapat juga dua saluran udara yang terletak di bawah kedua lampu depan untuk mengurangi tekanan angin saat melaju dalam kecepatan tinggi.

Jika dilihat, memang desain Yamaha TMAX lebih mirip sebagai motor gede (moge) ketimbang sebuah skuter matic dan rasanya akan sulit dikendarai. Namun, pabrikan asal Jepang tersebut tetap memerhatikan kenyamanan pengendara saat di jalan.

YamahaYamaha TMAX 2022 Foto: Yamaha-motor.eu

Yamaha TMAX terbaru mendapat perubahan pada posisi duduk yang sedikit lebih maju. Hal ini membuat pengendara memiliki posisi lebih ergonomis dan tetap nyaman saat motor dibawa dalam kecepatan tinggi atau menikung.

Semakin menambah ergonomis, Yamaha TMAX mengubah tampilan windshield menjadi lebih tegak. Bagian tengah sepeda motor juga sedikit lebih ramping, ini dilakukan untuk memberikan ruang kaki yang lebih luas bagi pengendara.

Pada bagian belakang atau kursi penumpang juga diperbarui oleh Yamaha. Kini, TMAX terbaru sudah dilengkapi dengan pegangan tangan yang terletak di sisi samping.

Sementara di bagian suspensinya, Yamaha TMAX mengusung 41 mm dengan suspensi belakang monoshock horizontal tipe linkage. Lalu velg yang digunakan adalah Spin Forged 10-spoke, Yamaha mengklaim jika TMAX 2022 lebih ringan serta handling-nya semakin baik dan stabil berkat teknologi SpinForging tersebut.

Yamaha TMAX 2022 disematkan ban Bridgestone Battlax SC2 yang telah mendapat pembaruan. Bahkan ban terbaru ini sengaja dibuat khusus untuk TMAX 2022.

Soal performanya, mesin Yamaha TMAX 2022 tidak mendapat perubahan. Masih menggunakan parallel twin berkapasitas 560 cc Euro 5 yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 47 hp dan torsi 55,7 Nm.

Baik TMAX maupun TMAX Tech Max 2022 juga dilengkapi dengan segudang teknologi dan fitur canggih. Seperti hadirnya panel instrumen dengan model TFT berukuran 7 inci yang bisa terkoneksi dengan smartphone, serta koneksi GPS Garmin via Bluetooth, WiFi, dan USB.

Fitur lainnya seperti windscreen yang bisa diatur secara otomatis, cruise control, kontrol lampu latar, hingga suspensi belakang yang bisa disesuaikan. Hal ini membuat sensasi berkendara lebih nyaman apalagi untuk bepergian ke luar kota.

Yamaha TMAX 2022 hadir dengan tiga pilihan warna yaitu Extreme Yellow, Icon Blue, dan Sword Grey. Khusus warna Extreme Yellow diadaptasi dari TMAX generasi pertama yang diluncurkan 20 tahun lalu. Sementara tipe TMAX Tech Max 2022 hadir dalam dua pilihan warna saja, yaitu Dark Petrol dan Power Grey.

Simak Video Kakaknya NMAX Hadir dengan Versi Baru, Ini Wujud Yamaha TMAX 2022
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)


https://oto.detik.com/motor/d-6219946/ini-ketangguhan-moge-yamaha-tmax-dx-rp-320-juta

Sumber: https://oto.detik.com/motor/d-6219946/ini-ketangguhan-moge-yamaha-tmax-dx-rp-320-juta
Tokoh

Graph

Extracted

companies ADA,
topics stroke,
nations Indonesia, Jepang,
places DKI Jakarta,
transportations sepeda,
brands Yamaha,
musicclubs IZ*ONE,