KPU Ungkap Jumlah Parpol Telah Daftar Pemilu 2024

  • 06 Agustus 2022 20:42:43
  • Views: 5

KBRN, Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) menjelaskan jumlah partai politik telah mendaftar sebagai calon peserta Pemilu 2024. Tahapan pendaftaran partai politik telah memasuki hari keenam.

Sampai saat ini sudah ada 13 partai politik yang mendaftar, dan sudah ada 12 partai politik yang berencana mendaftar. Sisanya tinggal 16 partai politik pemegang akun Sipol belum mengkonfirmasi rencana pendaftaran, kata Anggota KPU Idham Holik di Jakarta, dilansir dari laman Antara, Sabtu (6/8/2022).

Dia menjelaskan, satu parpol datang ke KPU untuk menyerahkan dokumen persyaratan pendaftaran, pada pukul 14.00 WIB. Parpol tersebut adalah Partai Demokrasi Rakyat Indonesia (PDRI).

Berdasarkan hasil penelitian pengecekan dokumen, dokumennya belum lengkap, dan kami berikan kesempatan PDRI untuk melengkapi dokumen tersebut, kata Idham.

Itu, kata dia, berdasarkan peraturan perundang-undangan, yaitu partai politik dapat didaftar jika menyerahkan dokumen secara lengkap.

Partai politik sudah mendaftar, pads hari pertama adalah PDIP pada pukul 08.00 WIB, kemudian PKP, PKS, Partai Reformasi, PRIMA, Perindo, NasDem, PBB, Pandai.

Kemudian pada hari kedua tahapan pendaftaran, Partai Kebangkitan Nusantara menjadi satu-satunya partai politik yang mendaftar. PKN hadir di KPU pukul 14.00 WIB.

Pada hari ketiga, hanya Partai Garuda yang mendaftar. Partai Damai Kasih Bangsa yang awalnya juga menginformasikan akan mendaftar pada hari ketiga, tahapan ternyata menjadwqlkan ulang rencana pendaftaran, pada 14 Agustus, pukul 20.00 WIB.

Pada hari kelima, ada Partai Demokrat yang datang ke KPU pada pukul 14.00 WIB. Dan pada Sabtu hari keenam tahapan, KPU menerima dokumen pendaftaran Partai Demokrasi Rakyat Indonesia, katanya.


https://rri.co.id/nasional/politik/1570244/kpu-ungkap-jumlah-parpol-telah-daftar-pemilu-2024?utm_source=news_main&utm_medium=internal_link&utm_campaign=General%20Campaign

Sumber: https://rri.co.id/nasional/politik/1570244/kpu-ungkap-jumlah-parpol-telah-daftar-pemilu-2024?utm_source=news_main&utm_medium=internal_link&utm_campaign=General%20Campaign
Tokoh

Graph

Extracted

companies ADA,
ministries KPU,
parties Demokrat, Nasdem, PBB, PDIP, Perindo, PKS,
topics Pemilu 2024,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta,