Kata Jemaah soal Konsumsi Selama Ibadah Haji 2022

  • 06 Agustus 2022 19:48:27
  • Views: 4

Suara.com - Berada di tanah suci selama hampir 45 hari, jemaah haji Indonesia tidak perlu mengkhawatirkan makanannya setiap hari. Sebab, pemerintah Indonesia kali ini menyediakan konsumsi untuk jemaah tiga kali sehari yang dimasak langsung oleh juru masak asal Tanah Air.

Dengan berbagai menu konsumsi yang telah disediakan setiap harinya, jemaah haji yang berasal dari berbagai daerah, bahasa dan selera itu pun harus menerima segala menu yang telah disajikan terdiri dari nasi, lauk dan sayur.

Alhamdulillah, makanannya enak sama dengan cita rasa Indonesia. Makanan tiga kali sehari yang diberikan, dapat mengurangi biaya kita membeli makanan lagi. Jadi kita fokus ibadah saja, ujar jemaah haji asal Makasar/UPG 07, Aswandi, kepada tim MCH, Kamis (4/8) di paviliun Bandara Pangeran Muhammad bin Abdul Aziz Madinah sebelum pemberangkatan jemaah ke tanah air.

Namun, lanjut Aswandi asal Kota Bau Bau Sulawesi Utara ini, menu yang disajikan tidak bervariatif sehingga ia dan jamaah lainnya dari daerah asalnya.

Baca Juga: Jadwal Kepulangan Jemaah Haji Indonesia, Sabtu 6 Agustus 2022

Jemaah
Jemaah haji menikmati konsumsi di paviliun Bandara Pangeran Muhammad bin Abdul Aziz Madinah [Dok. MCH 2022]

Kalau di Makassar itu, suka yang bersantan dan sambal. Nah di sini tidak ada itu. Jadi kami sangat merindukan sambal di setiap menu yang disajikan, katanya.

Namun kalau untuk nasi, diakuinya sudah pas bisa disantap jemaah lanjut usia (lansia). Meski kalau di Kota Makkah nasinya sedikit, berbeda dengan di Madinah nasinya banyak jadi mengenyangkan.

Syukurnya sebagian jemaah ada membawa makanan sambal dari rumah, jadi kalau gak suka dengan lauk yang diberi kami bisa tambahkan dengan sambal itu. Pernah juga kemarin dikasih lauk daging tapi potongannya gede, dan begitu dipotong-potong dagingnya masih merah, akunya.

Selama ini, katanya ia menginginkan ada sayur kol, kacang panjang, ikan teri dengan sambal dan sekali-sekali ada ikan asin.

Kalau menunya daging saya tidak pernah makan, kalau ikan patin ukurannya terlalu besar. Semoga di musim tahun depan menu-menu makanan yang disajikan lebih bervariasi selera nusantara, imbuhnya.

Baca Juga: Hujan Deras Iringi Kepulangan Jemaah Haji Indonesia di Madinah

Hal yang sama juga dikatakan jemaah dari UPG tersebut, Arianti Rauf. Ia bersyukur ada makanan yang diberikan tiga kali sehari, tapi karena berbeda selera ia sudah mempersiapkan alat masak dari rumah.

Saya beli sayur yang ada jual dekat hotel di Makkah. Karena menunya jarang ada kuah dari sayur. Kalau terus daging dan ikan, bosan juga, ucapnya.

Jamaah embarkasi KNO 06, Fuad Iskandar, mengatakan, secara umum konsumsi bagi jemaah haji selama 42 hari di Makkah dan Madinah itu sudah baik dari sisi kualitas dan jenis pilihan menu nya.

Tetapi mengenai perbedaan cita rasa di berbagai negeri di Indonesia, khususnya di Sumatera yang membutuhkan rasa rempah dan sambal. Tidak sesuai dengan menu yang disajikan yang selalu flat, datar dan gak ada riak-riak rasa, imbuhnya.

Kemarin saat di Arafah, kata Fuad, jemaah pernah dapat makanan dengan menu gulai ayam dan kari kambing yang di-packing bagus.

Itu saja sudah memuaskan, rasanya mengena. Cita rasa Sumatera, ada santannya. Tapi kalau di Makkah tidak pernah dapat menu kayak itu, apakah catering-nya berbeda, ucapnya.

Ia berharap untuk musim haji tahun depan, pemerintah Indonesia lebih bervariasi menyediakan menu makanan selama 42 hari untuk jemaah.

Jangan dengan menu datar, paling tidak 10 hari mewakili cita rasa Sumatera dan Sulawesi yang cenderung suka pedas. Ada sambal ikan, sambal lado ayam. Selanjutnya yang biasa, tapi tetap ada sambal yang sachset, tukasnya.


https://www.suara.com/news/2022/08/06/185738/kata-jemaah-soal-konsumsi-selama-ibadah-haji-2022

Sumber: https://www.suara.com/news/2022/08/06/185738/kata-jemaah-soal-konsumsi-selama-ibadah-haji-2022
Tokoh





Graph

Extracted

persons Muhammad, Pangeran Muhammad,
companies ADA,
ministries BIN,
topics haji,
events Ibadah Haji,
products daging, nasi,
nations Indonesia,
places SULAWESI SELATAN, SULAWESI UTARA,
cities Madinah, Makasar,
animals Ayam, Kambing,
plants Kacang panjang,