LAN Kembangkan Model Pelatihan Kepemimpinan Milenial

  • 06 Agustus 2022 18:59:42
  • Views: 1

Liputan6.com, Jakarta Lembaga Administrasi Negara (LAN) terus bertekad untuk terus mengakselerasi pengembangan kompetensi Aparatur Sipil Negara (ASN) melalui berbagai langkah strategis yang terus dikembangkan, hal ini merupakan upaya untuk menghadapi era disrupsi dan perkembangan teknologi digital yang kian masif yang tidak hanya berdampak pada sektor publik melainkan juga sektor private.

Demikian diungkapkan Kepala LAN, Dr. Adi Suryanto, M.Si saat memberikan sambutan dalam Kegiatan MoU Signing, Kick off dan Webinar ASN Talent Academy Membangun Kepemimpinan Milenial,yang diselenggarakan secara blended, di Auditorium Prof. Agus Dwiyanto, MPA, LAN Veteran.

“Tantangan untuk memberikan pelayanan publik yang berkualitas menjadi tolok ukur keberhasilan negara, hal ini juga ditambah dengan tuntutan masyarakat sebagai customer yang semakin kompleks yang membutuhkan pelayanan publik yang mudah, cepat, sederhana dan berbiaya murah, tuturnya, Sabtu (6/8/2022).

Adi Suryanto menambahkan, berdasarkan laporan BKN, birokrasi kita juga menghadapi fase penuaan (aging bureaucracy) dengan postur birokrasi kita saat ini terbanyak pada kelompok usia 51-60 tahun, dan sisanya sekitar 40 persen ditempati oleh kalangan milenial.

Perbedaan kelompok usia ini menjadi tantangan tersendiri bagi tubuh birokrasi untuk menyiapkan generasi mendatang khususnya kalangan milenial agar dapat menjalankan tongkat estafet kepemimpinan selanjutnya.

“Berbagai tantangan tersebut perlu diimbangi dengan perubahan cara kerja dan cara pengembangan kompetensi, oleh karena itu ASN Talent Academy yang merupakan platform virtual learning ini dapat menjembatani metode belajar yang lebih agile, serta memberikan kesempatan bagi seluruh ASN di Indonesia untuk dapat belajar terutama dalam meningkatkan kapasitas leadership atau kepemimpinan, ungkapnya.

Kepala LAN juga menyadari seiring dengan dihapusnya jabatan struktural Administrator dan Pengawas, maka sistem kaderisasi kepemimpinan birokrasi juga harus berubah, maka pengembangan kapasitas kepemimpinan perlu terus dikembangkan tidak hanya saat ingin menduduki jabatan pimpinan tinggi tetapi juga saat menduduki jabatan fungsional.

 

Kini cuti bisa diambil PNS pria ketika istri melahirkan.


https://www.liputan6.com/bisnis/read/5035253/lan-kembangkan-model-pelatihan-kepemimpinan-milenial

Sumber: https://www.liputan6.com/bisnis/read/5035253/lan-kembangkan-model-pelatihan-kepemimpinan-milenial
Tokoh





Graph

Extracted

persons Adi Suryanto, Teuku Faizasyah,
companies WhatsApp,
ministries ASN,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta,