Banjir Berdampak pada 13.335 Warga di Kapuas Hulu

  • 06 Agustus 2022 15:52:21
  • Views: 3

Sabtu, 6 Agustus 2022 - 15:07 WIB

VIVA Nasional – Banjir yang terjadi sejak Jumat pagi, 5 Agustus 2022, telah menyebabkan sedikitnya 2.984 rumah tergenang dan berdampak pada 13.335 warga di lima wilayah kecamatan di Kabupaten Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat, menurut data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

Korban banjir rata-rata memilih bertahan di rumah yang terendam banjir dengan membuat panggung, ada juga yang mengungsi ke (rumah) keluarga, kata Kepala BPBD Kabupaten Kapuas Hulu Gunawan di Putussibau, Kapuas Hulu, Sabtu, sebagaimana dilansir dari ANTARA.

Ia mengatakan, luapan air Sungai Kapuas, Sungai Mendalam, dan Sungai Sibau serta anak-anak sungai tersebut membanjiri desa-desa di wilayah Kecamatan Putussibau Utara, Putussibau Selatan, Pengkadan, Seberuang, dan Selat Hilir.

Kondisi

Kondisi banjir di Teluk Barak Kelurahan Kedamin Hilir Kecamatan Putussibau Selatan dan BPBD Kapuas Hulu meninjau kondisi banjir di wilayah Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Jumat malam, 14 Januari 2022.

Photo :
  • ANTARA/Teofilusianto Timotius

Menurut BPBD, banjir antara lain meliputi Desa Sibau Hulu, Sibau Hilir, Tanjung Lasa, Padua Mandalam, dan Pala Pulau serta Kelurahan Hilir Kantor dan Putussibau Kota di wilayah Kecamatan Putussibau Utara.

Banjir juga menggenangi Desa Tanjung Lokal, Bungan, dan Tanjung Jati serta Kelurahan Kedamin Hilir dan Kedamin Hulu di Kecamatan Putussibau Selatan.

Selain itu, banjir melanda Desa Pengkadan Hilir di Kecamatan Pengkadan, Desa Sejiram Jerenjang di Kecamatan Seberuang, dan Desa Miau Merah di Kecamatan Silat Hilir.


https://www.viva.co.id/berita/nasional/1506456-banjir-berdampak-pada-13-335-warga-di-kapuas-hulu

Sumber: https://www.viva.co.id/berita/nasional/1506456-banjir-berdampak-pada-13-335-warga-di-kapuas-hulu
Tokoh



Graph

Extracted

persons Gunawan,
companies ADA,
ministries BPBD,
topics Banjir,
places KALIMANTAN BARAT, KALIMANTAN TENGAH,
cities Jati,