Inflasi Turki Tembus 79,6 Persen, Ternyata Sederet Masalah Ini Jadi Biang Keroknya

  • 06 Agustus 2022 17:06:07
  • Views: 4

Laporan Wartawan Tribunnews.com Namira Yunia Lestanti

TRIBUNNEWS.COM, ANKARAInflasi tahunan Turki meroket ke level tertinggi menjadi 79,6 persen per Juli 2022. Kenaikan ini jadi yang tertinggi yang pernah dialami Turki sejak 24 tahun terakhir.

Melonjaknya laju inflasi di Turki terjadi akibat efek dari memanasnya perang Rusia dan Ukraina. Operasi militer yang dilakukan presiden Putin telah memicu terjadinya krisis energi hingga mendorong terjadinya kenaikan harga energi dan pangan di pasar global.

Baca juga: Lira Turki Anjlok, Citibank Hingga Vodafone Group Mulai Terdampak Efek Hiperinflasi

Lonjakan ini lantas mengerek biaya pada semua komoditas impor di Turki, tercatat harga pangan melambung ke level tertinggi dengan kenaikan 129,3 persen, sementara harga BBM melonjak sebanyak 94,65 persen.

Selain efek dari memanasnya konflik antara Rusia dan Ukraina, ternyata ada beberapa faktor lainnya yang memicu lonjakan inflasi Turki, berikut Tribunnews.com merangkum penyebab dari terjadinya inflasi Turki.

1. Pemangkasan Suku Bunga

Kebijakan presiden Erdogan yang memangkas suku bunga sebesar 500 basis poin awalnya dimaksudkan untuk mendorong kestabilan harga, serta untuk menaikkan sektor ekspor, investasi, dan lapangan pekerjaan.

Baca juga: Masuk Zona Merah, Inflasi Turki Melonjak Jadi 79,6 Persen

Namun setelah kebijakan yang tak lazim ini diterapkan justru ekonomi Turki makin hancur. Melonggarkan cengkraman inflasi terbukti lebih sulit dicapai di Turki karena bank sentral telah menahan diri untuk tidak menaikkan suku bunga utamanya.

Penurunan suku bunga seperti ini bukanlah kali pertama yang dilakukan Turki, mengutip dari Bloomberg dalam Turki telah memangkas suku bunganya sebanyak empat kali. Meski saat ini tingkat inflasi Turki tengah melesat naik, namun Erdogan optimis bahwa kebijakannya yang memangkas suku bunga dapat menurunkan angka inflasi di tahun 2023 mendatang.

Baca juga: Vladimir Putin Ingin Kerjasama Produksi Drone Bayraktar Turki, Ini yang Dikatakan Presiden Erdogan

2. Anjloknya Nilai Lira Turki


https://www.tribunnews.com/bisnis/2022/08/06/inflasi-turki-tembus-796-persen-ternyata-sederet-masalah-ini-jadi-biang-keroknya

Sumber: https://www.tribunnews.com/bisnis/2022/08/06/inflasi-turki-tembus-796-persen-ternyata-sederet-masalah-ini-jadi-biang-keroknya
Tokoh



Graph

Extracted

persons Vladimir Putin,
companies ADA, Bloomberg, Citibank, YouTube,
topics ekspor,
nations Rusia, Turki, Ukraina,
cities Ankara,
cases zona merah,