Presiden Jokowi: Negara Cepat Akan Mengalahkan Negara Lambat, Bukan soal Kaya Atau Miskin

  • 06 Agustus 2022 17:06:16
  • Views: 2

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reynas Abdila

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden RI Joko Widodo mengatakan, kekuatan ekonomi tidak bisa dilihat dari besarnya negara tetapi terkait daya saing.

Hal ini terlihat dengan runtuhnya ekonomi negara-negara besar di Eropa dan Amerika Serikat (AS) akibat perubahan geopolitik internasional.

“Di masa depan, bukan negara besar mengalahkan negara kecil, negara kaya mengalahkan negara miskin, tetapi negara cepat akan mengalahkan negara yang lambat, kata Jokowi dilansir dari laman twitter pribadinya, Sabtu (6/8/2022).

Baca juga: Ketua Banggar DPR: Pertumbuhan Ekonomi Kuartal II 2022 Modal Penting Hadapi Tekanan Eksternal

Kepala negara menjelaskan, setidaknya terdapat tiga pondasi untuk Indonesia agar bisa bersaing di masa depan.

Ketiga pondasi tersebut yakni, infrastruktur, hilirisasi dan industrialisasi serta digitalisasi yang dapat membuat RI terhindar dari resesi atau krisis ekonomi.

“Tiga fondasi Indonesia untuk bersaing di masa depan itu: infrastruktur, hilirisasi dan industrialisasi, serta digitalisasi, ujarnya.

Menurut Presiden, ketersediaan infrastruktur menjadi modal Indonesia meningkat menjadi negara maju, dan tidak terperangkap sebagai negara berkembang saja.

“Infrastruktur yang kita bangun saat ini, hasilnya mungkin baru akan terasa 5 atau 10 tahun yang akan datang. Dalam tujuh tahun ini, kita telah menambah 2.042 km jalan tol, 5.500 km jalan bukan tol, 16 bandara baru, 18 pelabuhan baru, 38 bendungan baru, hingga irigasi 1,1 juta ha, jelas Jokowi.

Baca juga: Menko Airlangga: Pemerintah Optimis Pertumbuhan Ekonomi Tahun Ini 5,2 Persen

Indeks daya saing Indonesia terus merangkak naik dan bersaing dengan negara-negara lain.


https://www.tribunnews.com/bisnis/2022/08/06/presiden-jokowi-negara-cepat-akan-mengalahkan-negara-lambat-bukan-soal-kaya-atau-miskin

Sumber: https://www.tribunnews.com/bisnis/2022/08/06/presiden-jokowi-negara-cepat-akan-mengalahkan-negara-lambat-bukan-soal-kaya-atau-miskin
Tokoh



Graph

Extracted

persons joko widodo,
companies Twitter, YouTube,
ministries DPR RI,
nations Amerika Serikat, Indonesia,
places DKI Jakarta,