Menparekraf Sandiaga Sebut Potensi Wellness Tourism Ada di Top 5 Dunia

  • 06 Agustus 2022 17:18:28
  • Views: 3

MerahPutih.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menghadiri pemeran Internional Wellness Tourism di Hotel Alila Solo, Jawa Tengah, Jumat (5/8).

Sandiaga Uno mengatakan, wellness tourism menjadi kunci pemulihan pariwisata global pasca-pandemi COVID-19.

Indonesia memiliki banyak potensi di bidang wellness tourism (wisata kebugaran) ini bisa jadi kesempatan untuk menawarkan kepada wisatawan, kata Sandiaga.

Baca Juga:

Berbasis Kearifan Lokal, Pemerintah Kembangkan Potensi Wellness Tourism

Dikatakannya, dalam dua tahun terakhir, wisata Indonesia mengalami tantangan yang besar dan industri pariwisata serta ekonomi kreatif mengalami keterpurukan. Ia pun bersyukur dengan penanganan pandemi yang lebih baik sehingga saat ini menjadi terkendali.

“Saya yakin industri yang tahan terhadap krisis adalah industri wellness, terutama setelah pandemi, kesehatan menjadi prioritas bagi semua orang, kata dia.

Menparekraf
Menparekraf Sandiaga Uno membuka pemeran Internional Wellness Tourism di Hotel Alila Solo, Jawa Tengah, Jumat (5/8). (MP/Ismail)

Sandiaga mengatakan, pencegahan dan mempromosikan kesehatan untuk tidak sakit saat ini menjadi tren yang tidak terhentikan. Karena semua manusia ingin sehat dengan mencegah sakit dan melakukan gaya hidup sehat.

Saya yakin wellness tourism menjadi kunci pemulihan pariwisata, karena saya melihat menjadi pilihan utama sekarang banyak yang ngomong tentang healing termasuk di kalangan anak muda, papar dia.

Baca Juga:

Experiential Tourism, Bukan Sekadar Wisata Biasa

Diakuinya, pengembangan wellness tourism menjadi tantangan besar bagi pelaku industri di bidang ini termasuk jajaran kementerian di bawahnya. Pasalnya saat ini, Indonesia masih menduduki peringkat 17 dunia sebagai negara pasar tujuan wisata kebugaran atau wellness tourism.

Besarnya potensi yang dimiliki mestinya bisa menjadi top 5 dunia. Ini PR yang sangat besar karena ternyata wellness tourism ini menciptakan 3 juta lapangan kerja baru yang berkualitas, papar dia.

Ia menambahkan, melalui ITWCF diharapkan bisa memunculkan networking, business matching, ide-ide yang akan menjadi Rencana Aksi Nasional 2022-2026 tentang wellness tourism hingga meningkatkan kesadaran akan layanan pusat kesehatan atau kebugaran yang dimiliki.

“Kita harus gunakan kesempatan ini untuk menghimpun networking, kolaborasi antara pemerintah, swasta, asosiasi terkait media serta akademisi untuk memajukan wellness tourism, pungkasnya. (Ismail/Jawa Tengah)

Baca Juga:

Unjuk Gigi Desa Wisata Usung Konsep Sustainable Tourism


https://merahputih.com/post/read/menparekraf-sandiaga-sebut-potensi-wellness-tourism-ada-di-top-5-dunia

Sumber: https://merahputih.com/post/read/menparekraf-sandiaga-sebut-potensi-wellness-tourism-ada-di-top-5-dunia
Tokoh



Graph

Extracted

persons Sandiaga Uno,
companies ADA,
ministries kemenparekraf,
topics wellness tourism,
nations Indonesia,
places JAWA TENGAH,
cities Solo,
cases covid-19,