Banjir Merendam Sejumlah Desa di Katingan Kalimantan Tengah

  • 06 Agustus 2022 17:52:10
  • Views: 3

Sabtu, 6 Agustus 2022 - 17:26 WIB

VIVA Nasional – Banjir melanda sejumlah desa di wilayah Kecamatan Petak Malai, Sanaman Mantikei, dan Katingan Tengah di Kabupaten Katingan, Provinsi Kalimantan Tengah.

Di Kasongan, ibu kota Kabupaten Katingan, Sabtu, 6 Agustus 2022, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Katingan Roby mengatakan, curah hujan tinggi membuat air Sungai Samba meluap dan membanjiri permukiman warga di sekitarnya sejak 3 Agustus 2022.

Menurut dia, hingga saat ini banjir masih menggenangi bagian wilayah Desa Habangoi, Baraoi, Nusa Kutau, Batu Tukan, dan Batu Badak di Kecamatan Petak Malai. Info terakhir yang kami terima dari Camat Petak Malai, ketinggian air cenderung surut, katanya.

Ilustrasi

Ilustrasi mobil menerjang banjir

Banjir juga terjadi di wilayah Kecamatan Sanaman Mantikei. Menurut Roby, Desa Tumbang Manggu di Kecamatan Sanaman Mantikei cukup parah terdampak banjir.

Rekaman video yang dibagikan warga menunjukkan tinggi genangan di daerah itu sampai sedada orang dewasa sehingga di antara warga ada mengungsi di lantai dua bangunan dan menggunakan kelotok sebagai alat transportasi.

Roby menjelaskan bahwa desa-desa di wilayah Kecamatan Katingan Tengah juga terdampak banjir akibat luapan air Sungai Katingan dan Sungai Samba.


https://www.viva.co.id/berita/nasional/1506479-banjir-merendam-sejumlah-desa-di-katingan-kalimantan-tengah

Sumber: https://www.viva.co.id/berita/nasional/1506479-banjir-merendam-sejumlah-desa-di-katingan-kalimantan-tengah
Tokoh

Graph

Extracted

companies ADA,
ministries BPBD,
topics Banjir,
places KALIMANTAN TENGAH,