Kemenaker Tingkatkan SDM Warga IKN Nusantara

  • 04 Agustus 2022 23:14:54
  • Views: 3

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) memastikan peningkatan kompetensi sumber daya manusia (SDM) warga di wilayah Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara agar mampu berperan aktif dalam pembangunannya.

Semua men-support (dukung) pembangunan IKN ini dengan sumber daya manusia yang andal. Jadi tidak hanya Samarinda yang kami siapkan, tapi kelima balai besar kami siapkan untuk mendukung peningkatan sumber daya manusia di IKN ini, ucap Menaker Ida Fauziyah, Kamis (4/8/2022).

Ketika membuka Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) Angkatan ke-2 di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur,  Menteri Ida meminta masyarakat sekitar IKN berperan aktif dalam pembangunan.

Ia menjelaskan pentingnya peneguhan terhadap komitmen pemerintah dalam memastikan masyarakat setempat menjadi aktor utama pembangunan IKN Nusantara.

Untuk memastikan bahwa masyarakat di sekitar Ibu Kota Nusantara ini bukan jadi penonton, tetapi menjadi aktor utama dalam pembangunan Ibu Kota Negara Nusantara, tuturnya.

Ida menjelaskan agar warga berpartisipasi dalam pembangunan IKN itu, perlu kompetensi yang unggul, sehingga IKN menjadi ibu kota yang pintar, bisa bersaing, dan menjadi kebanggaan Indonesia.

Kemenaker mendukung penyiapan tenaga kerja yang kompeten melalui Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Samarinda.

Dalam penyiapan tenaga kerja yang berkompeten, Kemnaker juga melibatkan lima Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BBPVP) di Indonesia.

Upaya lain yang akan dilakukan Kemenaker dalam mendukung penyiapan SDM berkompeten di IKN Nusantara, antara lain penyiapan anjungan SIAPkerja dan pelaksanaan program perluasan kesempatan kerja berbasis kawasan. (*)

**) Dapatkan update informasi pilihan setiap hari dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Caranya, klik link ini dan join. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di HP.


https://www.timesindonesia.co.id/read/news/421815/kemenaker-tingkatkan-sdm-warga-ikn-nusantara

Sumber: https://www.timesindonesia.co.id/read/news/421815/kemenaker-tingkatkan-sdm-warga-ikn-nusantara
Tokoh



Graph

Extracted

persons Ida Fauziyah,
companies Google, Telegram,
ministries Kemnaker, Menaker,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta, KALIMANTAN TIMUR,
cities Samarinda,