Ekonomi Masyarakat Jadi Fokus BNPP dalam Hadapi Isu JTR di Kabupaten Sanggau Kalbar

  • 04 Agustus 2022 23:02:51
  • Views: 4

Liputan6.com, Jakarta BNPP (Badan Nasional Pengelola Perbatasan) mengelola Pos Lintas Batas Negara (PLBN) untuk menjadi garda terdepan garis batas negara agar masyarakat aman. Sehingga mereka bisa mencegah segala bentuk hal-hal tak diinginkan di lintas batas negara dari jalur darat atau jalur tak resmi (JTR).

Namun, lokasi resmi PLBN masih belum dapat menjangkau semua aspek strategis, khususnya aspek ekonomi. Garis batas negara yang begitu panjang dan tidak selalu berada dekat dengan Pos Lintas Batas Negara yang resmi, terkadang menjadi kendala tersendiri.

Jika menyangkut temuan warga yang mungkin sedang melintas di garis batas negara, dirasa layaknya perjalanan antar kampung atau kegiatan perjalanan pekerjaan. Khususnya perbatasan RI - Malaysia di lokasi-lokasi yang jauh dari Perlintasan Resmi. Hal itu terkadang menimbulkan kendala dalam hal menunjukkan ketegasan.

Contohnya, Ibu Surya yang ditemui tim survey BNPP pada hari kedua pelaksanaan survey JTR di lokasi Camp Jangkang, Dusun Tapang Peluntan, Desa Sungai Tekam, Kecamatan Sekayam, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat.

“Kami jauh sekali pak gerbang Entikong itu. Sementara suami kerja dekat sini, di kilang sebelah. Sudah ada jaminan perusahaan, tapi warga sini banyak juga yang kerja di kilang dan tak ada stempel, karena sudah tua dan tak sanggup urus-urus surat. Kami jauh, pak dari desa, ujar Ibu Surya seperti disampaikan pihak BNPP kepada wartawan, baru-baru ini.

Kadang kardus pun juga tak kenal. Untuk makan juga dibantu company kiriman setiap bulan. Untuk tambah-tambah kami bejualanlah dari barang yang juga titip sama manajer tiap bulan dari daftar belanja. Nanti bagi sedikit dia seperti ongkos jalan, ungkap Ibu Surya yang berbicara dengan beberapa kosakata bahasa Melayu.

 


https://www.liputan6.com/showbiz/read/5033955/ekonomi-masyarakat-jadi-fokus-bnpp-dalam-hadapi-isu-jtr-di-kabupaten-sanggau-kalbar

Sumber: https://www.liputan6.com/showbiz/read/5033955/ekonomi-masyarakat-jadi-fokus-bnpp-dalam-hadapi-isu-jtr-di-kabupaten-sanggau-kalbar
Tokoh

Graph

Extracted

companies ADA, WhatsApp,
ngos GARDA,
nations Malaysia,
places DKI Jakarta, KALIMANTAN BARAT,