Selain MyPertamina, Perlu Inovasi Lainya pada Tata Kelola Distribusi BBM Petamina

  • 04 Agustus 2022 17:07:09
  • Views: 5

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Seiring sedang digodoknya UU Energi Baru dan Terbarukan, pemerintah pusat berencana mengeluarkan Keputusan Presiden atau Keppres yang akan mengatur tentang Alokasi dan Distribusi BBM Bersubdi.

Diskusi seputar BBM memang selalu menjadi concern bagi Pertamina selaku penyelenggara tata kelola BBM di Indonesia dan keberadaan energi fosil tersebut merupakan kebutuhan primer bagi publik.

Pada kaitan itu Pertamina bekerjasama dengan Elangnews.com dan PW LPBI NU Maluku Utara menyelenggarakan sosialisasi dalam bentuk kegiatan Forum Diskusi Publik di Ternate, Maluku Utara, Rabu (4/8/2022).

Baca juga: Daftar Harga BBM Pertalite dan Pertamax Terbaru di SPBU Seluruh Indonesia, Berlaku 3 Agustus 2022

Kegiatan diskusi publik tersebut menghadirkan stakeholder narasumber dari unsur Pengawasan Ombudsman RI, Pemkot Ternate, Kadis Perdagangan Provinsi Maluku Utara, Pengamat ekonomi lokal dan Pertamina yang diwakili Divisi Komunikasi regional Papua Maluku Utara dan Sales Brand Manager Pertamina Regional Maluku Utara.

Komisioner Ombudsman RI Hery Susanto, hadir sebagai Keynote speaker pada forum diskusi publik yang mengusung tema Tata Kelola Distribusi BBM dalam Perspektif Pelayanan Publik itu.

Dia menyampaikan agar rencana UU energi baru dan terbarukan agar segera bisa dirampungkan. 

Pada pengamatan sepintas Ombudsman RI, keberadaan UU tersebut nantinya bisa menjadi solusi bagi kebutuhan energi publik di kemudian hari. Apalagi perlahan nantinya ketergantungan subsidi publik atas BBM akan dilepas, ungkapnya.

Terkait rencana pencabutan ataupun pengurangan subsidi oleh pemerintah pusat, Walikota Ternate M. Tauhid Soleman pada sambutanya menyampaikan jika pemerintah pusat jadi mencabut subsidi BBM maka di daerah ini menerima saja.

Baca juga: Harga BBM Subsidi Stabil, Anggota Komisi XI DPR Puji Jokowi Berpihak pada Rakyat

Namun kami selaku stakeholder di daerah (Pemda) diberi ruang untuk mencari alternatif (ketersediaan BBM), ujarnya.

Terkait inovasi MyPertamina sebagai sarana pembelian BBM yang berbasi aplikasi, Hery Susanto turut mengapresiasi kebaradaan sistem tersebut semoga mampu melakukan pendataan para pembeli BBM terutama pembeli BBM bersubsidi. 


https://www.tribunnews.com/bisnis/2022/08/04/selain-mypertamina-perlu-inovasi-lainya-pada-tata-kelola-distribusi-bbm-petamina

Sumber: https://www.tribunnews.com/bisnis/2022/08/04/selain-mypertamina-perlu-inovasi-lainya-pada-tata-kelola-distribusi-bbm-petamina
Tokoh



Graph

Extracted

persons joko widodo,
ministries DPR RI, Komisi XI DPR RI, Ombudsman,
bumns PT Pertamina,
organizations NU,
topics Subsisdi BBM,
fasums SPBU,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta, MALUKU, MALUKU UTARA, PAPUA,