Nancy Pelosi ke Taiwan, Produsen Chip Terbesar Dunia Ini Terseret Persaingan AS-China

  • 04 Agustus 2022 15:00:20
  • Views: 1

China menangguhkan impor dari ratusan pabrik makanan Taiwan menjelang kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi di wilayah tersebut.

Dilansir dari South China Morning Post, Rabu (3/8/2022) Administrasi Umum Bea Cukai China mengatakan bahwa produk makanan manis dari Taiwan di antaranya biskuit, kue kering, dan roti telah terdaftar daftar barang impor yang ditangguhkan.

Laporan outlet berita United Daily News yang berbasis di Taipei menyebut, larangan ekspor itu diberlakukan pada Senin malam (1/8) waktu setempat.

Taiwan juga mengkonfirmasi sudah mengetahui adanya larangan ekspor produk makanan manis ke China.

Kementerian Perekonomian dan Dewan Pertanian saat ini mengetahui (larangan impor), kata Biro Perdagangan Luar Negeri Taiwan pada Selasa (2/8).

Badan itu pun menambahkan bahwa Taipei akan membantu perusahaan yang terdampak untuk merespons larangan ekspor dengan benar.

Adapun Wei Chuan Food Corporation, produsen makanan kaleng dan minuman asal China yang juga mengkonfirmasi pihaknya menerima kebijakan perdagangan baru.

Menyusul berita larangan impor makanan manis, harga merek populer anjlok hampir 2,5 persen di Bursa Efek Taiwan pada Selasa (2/8), 

Sejumlah perusahaan Taiwan juga mengakui masa depan impornya masih belum jelas serta produk yang diproduksi di pabrik China.

Diketahui, ini bukan pertama kalinya China memberlakukan larangan impor produk makanan dari Taiwan.

Tahun lalu, China menangguhkan impor nanas, apel gula, dan apel – tiga ekspor buah teratas dari Taiwan ke China karena terdeteksinya hama.

Adapun larangan impor ikan kerapu Taiwan pada bulan Juni 2022 karena terdeteksinya obat terlarang.


https://www.liputan6.com/bisnis/read/5033250/nancy-pelosi-ke-taiwan-produsen-chip-terbesar-dunia-ini-terseret-persaingan-as-china

Sumber: https://www.liputan6.com/bisnis/read/5033250/nancy-pelosi-ke-taiwan-produsen-chip-terbesar-dunia-ini-terseret-persaingan-as-china
Tokoh



Graph

Extracted

persons Nancy Pelosi,
ministries Bea Cukai, DPR RI,
topics ekspor,
nations Republik Rakyat Cina, Taiwan,