Bos Sinemart Ungkap Biaya Bikin Film di Indonesia, Thailand, dan Malaysia, Mana Termahal?

  • 04 Agustus 2022 14:59:08
  • Views: 5

Liputan6.com, Jakarta Direktur Utama Sinemart David Suwarto menyampaikan pembuatan film di Indonesia masih lebih mahal dibanding Thailand dan Malaysia. Sementara, Indonesia berada jauh dibawah Amerika Serikat dan Korea Selatan.

Hal ini disampaikannya berkaitan dengan perkembangan industri media, termasuk film di tanah air. Biaya, menjadi salah satu aspek yang perlu diperhatikan disamping konsep film tersebut.

Di Indonesia itu ada USD 100 juta setiap tahun untuk film, di Amerika itu kira-kira seratus kali lipatnya. Korea lebih besar dari kita, tapi kita lebih besar dari Thailand dan Malaysia, kata dia dalam Webinar bertajuk 'Dibalik Layar' Emtek Career Festival, Kamis (4/8/2022).

Menurut data yang ditampilkannya, dalam satu tahun ada USD 121,02 total biaya yang dikeluarkan untuk film di Indonesia. Sementara, hanya USD 16,03 juta, dan Malaysia hanya USD 20,19 juta.

Disamping itu, di Amerika Serikat ada USD 11.377 juta untuk film. Serta Korea Selatan mencapai USD 794,844 juta untuk film dalam satu tahun.

Dari sisi jumlah rilis lokalnya, film di Indonesia cukup banyak yang dirilis selama satu tahun, mencapai 128 film. Amerika Serikat paling banyak dengan 856 film.

Korea Selatan tercatat merilis 88 film dalam setahun, Thailan sekitar 50 film, dan Malaysia 9 film.

Berbeda lagi dari sisi pendapatan dari penjualan tiket. Dari jumlah biaya dan banyaknya jumlah film tadi, David mengungkap pendapatan yang didapat oleh film dari penjualan tiket tidaklah besar.

Ternyata jumlah film yang kita buat cukup banyak untuk total gross uang yang bisa didapatkan dari jualan tiket tersebut, sehingga setiap film di Indonesia itu hanya mendapatkan kurang dari 1 juta dolar, ujarnya.

Menurut datanya, hanya ada USD 950 Ribu yang didapatkan oleh film dari keuntungan penjualan tiket. Sementara, Amerika berhasil membagi USD 13,29 juta, Korea USD 9,03 juta, Thailan USD 320 ribu, dan Malaysia USD 2,24 juta.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Elang Mahkota Teknologi atau Emtek Group resmi pegang hak siar turnamen sepak bola akbar Piala Dunia 2022 Qatar. Pertandingan-pertandingan akan disiarkan di SCTV, Indosiar, O Channel dan livestreaming di Vidio.


https://www.liputan6.com/bisnis/read/5033491/bos-sinemart-ungkap-biaya-bikin-film-di-indonesia-thailand-dan-malaysia-mana-termahal

Sumber: https://www.liputan6.com/bisnis/read/5033491/bos-sinemart-ungkap-biaya-bikin-film-di-indonesia-thailand-dan-malaysia-mana-termahal
Tokoh

Graph