Tak Ada Vaksin PMK, Biaya Operasional Peternak Membengkak

  • 04 Agustus 2022 13:52:47
  • Views: 2

Kamis, 4 Agustus 2022 - 12:32 WIB

VIVA Nasional – Ketua Umum Himpunan Peternak Domba dan Kambing Indonesia (HPDKI) Yudi Guntara Noor mengatakan, vaksin PMK saat ini sangat dibutuhkan untuk memutus mata rantai penyebaran penyakit pada hewan-hewan ternak berkuku di Indonesia.

Kami sangat mendukung (impor vaksin). Karena kalau enggak ada vaksin, enggak bisa memutus PMK, kata Yudi Guntara  di Jakarta, Kamis, 4 Agustus 2022.

Puluhan

Puluhan sapi di Garut terpapar penyakit mulut dan kuku (PMK),

Photo :
  • VIVA.co.id/ Diki Hidayat (Garut)

Ia menjelaskan, keberadaan vaksin bisa mengurangi beban biaya pengeluaran, baik dari peternak secara pribadi ataupun dari pemerintah dalam jangka panjang. 

Kalau divaksin, ternak-ternak yang sakit tidak akan bisa menularkan. Kalau tidak ada vaksin, biaya operasional peternak akan semakin besar seperti untuk desinfektan, perlengkapan, dan lainnya, kata Yudi.

Menurut Yudi, prioritas pemberian vaksin ditargetkan bagi hewan-hewan ternak yang masih sehat di wilayah terdampak wabah dan wilayah yang masih belum terdampak sama sekali.

Di Jawa itu kan masih ada juga sapi yang belum kena (PMK). Itu harus segera divaksin supaya terbentuk antibodi. Agar tidak mudah tertular, katanya. 


https://www.viva.co.id/berita/nasional/1505616-tak-ada-vaksin-pmk-biaya-operasional-peternak-membengkak

Sumber: https://www.viva.co.id/berita/nasional/1505616-tak-ada-vaksin-pmk-biaya-operasional-peternak-membengkak
Tokoh

Graph

Extracted

companies ADA,
products vaksin,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta, JAWA BARAT,
cities Garut,
animals Domba, Kambing, Sapi,