Keluarga Akui Abu Bakar Ba'asyir Terima Pancasila sebagai Dasar Negara

  • 04 Agustus 2022 13:18:40
  • Views: 3

MerahPutih.com - Pendiri Pondok Pesantren (Ponpes) Al Mukmin Ngruki, Desa Cemani, Kecamatan Grogol, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, Abu Bakar Ba'asyir (ABB) akhirnya mengakui Pancasila sebagai dasar negara Indonesia.

Kebenaran itu diungkapkan putra Ba'asyir, Abdul Rohim, yang menyebut pengakuan Pancasila sebagai dasar negara Indonesia itu diungkapkan pada forum pengajian. Bahkan, saat itu ada yang merekam dan menyebar luaskan ke media sosial (medsos) hingga viral.

Ada video itu (Ba'asyir) mengakui Pancasila sebagai dasar negara Indonesia. Itu benar terjadi, kata Ustad Rohim sapaan akrabnya kepada awak media di Ponpes Al-Mukmin Ngruki, Kamis (4/8).

Baca Juga:

Abu Bakar Ba'asyir Dinyatakan Bersalah Atas Konspirasi Serangan Bom Bali 2002

Menurutnya, pernyataan itu disampaikan Ustaz Ba'asyir pada bulan Ramadan 2022.

Jadi dahulu beliau (Ba'asyir) berpandangan Pancasila itu dibuat bertentangan dengan Islam. Dia tidak klop dengan Islam, tegas dia.

Namun demikian, kata dia, para pendiri bangsa itu merumuskan Pancasila sebagai jalan, sebagai legitimasi kaum muslimin secara mutlak, secara kafah.

Ketuhanan Yang Maha Esa itu prinsipnya ketauhidan. Beliau melihatnya dari situ. Beliau jelaskan lagi ke masyarakat supaya tidak terjadi kesalahpahaman, kata Abdul Rohim.

Abu
Abu Bakar Ba'asyir, Abdul Rohim. (Foto: MP/Ismail)

Dia menegaskan Ustaz Ba'asyir sebenarnya tidak menolak konsep apa pun sepanjang tidak bertentangan dengan syariat Islam. Termasuk dasar negara Pancasila.

Prinsipnya beliau tidak menolak konsep apa pun. Asal tidak bertentangan dengan syariat Islam dan konsep Islam, papar dia.

Ia mengatakan, kalau suatu konsep itu dibuat berhadapan dengan Islam, beliau akan menolak hal tersebut. Dengan ini sudah tidak ada lagi soal masalah karena Ustaz Ba'asyir mengakui Pancasila sebagai dasar negara Indonesia.

Baca Juga:

Abu Bakar Baasyir Sudah Keluar Penjara Gunung Sindur

Diketahui, tersebar video Ustaz Ba'asyir dengan durasi sekitar 40 detik yang beredar di media sosial (medsos) Facebook.Video itu diunggah oleh pemilik akun Facebook @KataKita dua hari lalu.

Hingga Kamis (4/8) video itu telah disukai lebih dari 5.000 pengguna Facebook dan mendapat lebih dari 1.100 komentar. Pada video itu,ABB menyampaikan Pancasila sebagai dasar negara karena berdasarkan tauhid.

Indonesia berdasarkan Pancasila itu mengapa disetujui ulama? Karena dasarnya tauhid. Ketuhanan Yang Maha Esa, ucap ABB dalam video tersebut.

ABB melanjutkan dirinya sempat menganggap Pancasila itu syirik. Namun, setelah mempelajarinya, ia mengakui Pancasila sebagai dasar negara.

Dulunya saya, Pancasila itu syirik. Saya begitu dulu. Tapi setelah saya pelajari selanjutnya, ndak mungkin ulama menyetujui dasar negara syirik. Itu ndak mungkin. Karena ulama itu mesti niatnya ikhlas, kata Ustad Ba'asyir di penghujung video. (Ismail/Jawa Tengah)

Baca Juga:

Hirup Udara Bebas, Abu Bakar Ba'asyir Dikawal Densus 88 Hingga Sukoharjo


https://merahputih.com/post/read/keluarga-akui-abu-bakar-ba-asyir-terima-pancasila-sebagai-dasar-negara

Sumber: https://merahputih.com/post/read/keluarga-akui-abu-bakar-ba-asyir-terima-pancasila-sebagai-dasar-negara
Tokoh

Graph

Extracted

companies ADA, Facebook,
ministries Densus 88,
religions Islam,
topics konspirasi,
products Pancasila,
nations Indonesia,
places JAWA TENGAH,
cities Grogol, Gunung, Sukoharjo,