Dinobatkan jadi Salad Terenak, Ini Beda Gado-Gado, Pecel dan Lotek

  • 04 Agustus 2022 11:16:42
  • Views: 3

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kuliner Indonesia kembali dinobatkan sebagai makanan terenak. Kali ini pecel dan gado-gado masuk dalam kategori salad terenak di dunia.

Dilansir website tasteatlas.com, gado-gado berada di urutan 24 dari 50, membawahi jenis salad ardei copti asal Rumania dan askordoulakous asal Yunani. 

Sedangkan pecel berada di posisi ke-13 membawahi salad mizeria asal Polandia. Salad terlezat di dunia pun dipuncaki oleh ovcharska dari Bulgaria.

Diketahui pecel dan gado-gado merupakan makanan dengan isian utama sayur mayur dengan topping bumbu kacang. Sebetulnya ada satu lagi makanan berbahan sayur dengan bumbu kacang, yaitu lotek. 

Meski lotek tidak masuk jajaran salad terenak, tapi percayalah, kuliner ini rasanya boleh diadu. 

Ketiga makanan tersebut sama-sama berbahan sayur dengan bumbu kacang, tapi tahukah Anda perbedaannya? 

1. Isian 

Jenis sayuran sebagai isian ketiga makanan ini berbeda-beda. Kalau pecel umumnya menggunakan sayuran hijau, mulai dari bayam, kenikir, kacang panjang, sawi. Beberapa daerah juga menambahkan kembang turi sebagai isian pecel. 

Sedangkan jika gado-gado, isiannya ada wortel dan buncis, kol, tauge rebus. Nggak hanya sayuran, gado-gado juga ditambahkan tahu, tempe dan telur. Kerupuk emping menjadi pelengkap hidangan ini.

Lotek lebih sederhana, biasanya hanya bayam, tauge dan kol rebus. 

2. Bumbu

Meski sama-sama kacang, namun bahannya berbeda lho! gado-gadi bumbu kacangnya dimasak terlebih dahulu. Bahkan gado-gado Jawa Timur biasanya bumbu kacang dimasak menggunakan santan. 

Sedangkan pecel, bumbunya lebih kuat di aroma daun jeruk. Kalau lotek, bumbu kacangnya lebih sederhana, yaitu kacang tanah, bawang merah, bawang putih, kencur dan air asam jawa. 

3. Penyajian

Penyajian ketiga salad ala nusantara ini juga berbeda. Untuk pecel dan gado-gado, bumbunya disiramkan di atas sayuran. Sedangkan untuk lotek, bumbunya langsung dicampur bersama sayur mayur. 

Jadi salad Nusantara mana yang jadi favorit Anda TIMES Lovers? Pecel, gado-gado, dan lotek, semua enak! 

**) Dapatkan update informasi pilihan setiap hari dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Caranya, klik link ini dan join. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di HP.


https://www.timesindonesia.co.id/read/news/421607/dinobatkan-jadi-salad-terenak-ini-beda-gadogado-pecel-dan-lotek

Sumber: https://www.timesindonesia.co.id/read/news/421607/dinobatkan-jadi-salad-terenak-ini-beda-gadogado-pecel-dan-lotek
Tokoh

Graph

Extracted

companies ADA, Google, Telegram,
products bawang putih, santan,
nations Bulgaria, Indonesia, Polandia, Yunani,
places DKI Jakarta, JAWA TIMUR,
plants Bawang merah, Kacang panjang,