Ayoconnect Gandeng 7 Bank di Indonesia Luncurkan Direct Debit

  • 04 Agustus 2022 11:06:13
  • Views: 5

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Platform open finance Ayoconnect menggandeng tujuh bank terbesar di Indonesia guna meluncurkan Open Finance API untuk layanan direct debit (debit langsung).

Ini memungkinkan lembaga keuangan non-perbankan seperti perusahaan asuransi dan pemberi pinjaman untuk memulai pembayaran direct debit (debit langsung) berulang dari rekening tabungan pelanggan.

Proses integrasi API ini dapat dilakukan dengan mudah, sehingga memangkas waktu dan usaha untuk negosiasi persyaratan dan pendaftaran dengan satu bank pada satu waktu.

Baca juga: Mastercard dan Ayoconnect Genjot Inklusi Keuangan Lewat Open Banking

Pada tahap pertama, Ayoconnect bekerja sama dengan tujuh bank terbesar di Indonesia untuk menyediakan direct debit yang dapat diakses melalui 1 API.

Bank rekanan tersebut diantaranya adalah BRI, Bank Mandiri, CIMB Niaga, BNI, Danamon, Bank Syariah Indonesia dan Bank Neo Commerce.

Baca juga: BSI dan Ayoconnect Jajaki Kerjasama Open Banking

Jika dikombinasikan, seluruh perbankan tersebut diperkirakan menyumbang 50 persen ke dalam total rekening bank di negara ekonomi terbesar ke-empat di dunia (berdasarkan populasi). Tahap dua akan mencakup bank seperti BCA, Permata, Bank Jago, Nobu dan lainnya.

CEO dan Founder Ayoconnect Jakob Rost, mengatakan direct debit Ayoconnect akan menjadi gamechanger untuk bisnis dan konsumen di Indonesia.

Dengan menggunakan direct debit otomatis, bisnis memiliki kendali penuh atas tagihan, dapat mengurangi biaya sekaligus memberikan konsumen biaya pembayaran yang lebih terjangkau, tutur Rost dalam keterangan resmi, Rabu (3/8/2022).

Baca juga: Resmi Jadi Partner BRI, Startup Ayoconnect Siap Kenalkan Solusi Open Finance

Direct debit otomatis merupakan konsep yang relatif baru di Indonesia. Untuk meyakinkan pengguna bahwa teknologi ini diatur dengan benar dengan mempertimbangkan perlindungan konsumen, bulan lalu Ayoconnect mendapatkan lisensi dari Bank Indonesia yang lebih jauh memberi bukti kualitas infrastruktur dan proses Ayoconnect sesuai dengan regulasi yang berlaku.


https://www.tribunnews.com/bisnis/2022/08/04/ayoconnect-gandeng-7-bank-di-indonesia-luncurkan-direct-debit

Sumber: https://www.tribunnews.com/bisnis/2022/08/04/ayoconnect-gandeng-7-bank-di-indonesia-luncurkan-direct-debit
Tokoh

Graph

Extracted

companies Bank Jago, PT Bank Central Asia Tbk,
ministries BI,
bumns Bank Mandiri, BNI, BRI, BSI,
organizations API,
products startup, Syariah,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta,