Buntut Kunjungan Nancy Pelosi, China Batasi Perdagangan Dengan Taiwan

  • 04 Agustus 2022 11:06:32
  • Views: 2

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Mikael Dafit Adi Prasetyo

TRIBUNNEWS.COM, BEIJING – China telah membatasi perdagangannya dengan Taiwan di tengah meningkatnya ketegangan atas kunjungan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Amerika Serikat, Nancy Pelosi.

Otoritas perdagangan dan bea cukai China mengatakan pada hari Rabu (3/8) bahwa mereka telah menghentikan ekspor pasir, bahan utama yang digunakan dalam konstruksi, dan impor buah jeruk Taiwan dan beberapa jenis ikan.

Di samping itu, Administrasi Umum Kepabeanan China mengatakan, impor makanan telah dihentikan karena adanya pestisida dan virus corona di beberapa pengiriman, sementara Kementerian Perdagangan mengatakan telah menangguhkan ekspor pasir sesuai dengan ketentuan hukum yang tidak ditentukan.

Kantor Urusan Taiwan China secara terpisah mengumumkan akan melarang perusahaan dan individu China untuk melakukan transaksi keuangan dengan dua yayasan Taiwan yakni Yayasan Demokrasi Taiwan serta Dana Kerjasama dan Pembangunan Internasional Taiwan.

Baca juga: Menlu China Sebut Kunjungan Pelosi ke Taiwan Benar-benar Lelucon: Mereka akan Binasa

Dilansir dari Reuters, Kamis (4/8/2022) pengumuman itu datang ketika Pelosi melakukan kunjungan ke Taiwan, meskipun Beijing sebelumnya telah memperingatkan adanya konsekuensi serius jika politisi veteran demokrat itu tetap bersikeras melakukan perjalanan ke Taiwan.

Pembatasan perdagangan itu mengikuti pemberitahuan dari agen bea cukai China pada hari Senin (1/8) bahwa mereka telah memasukkan lebih dari 100 merek makanan Taiwan ke daftar hitam karena gagal memperbarui pendaftaran ekspor mereka.

Direktur jenderal Administrasi Makanan dan Obat-obatan Taiwan, Wu Shou-Mei mengatakan, pembatasan perdagangan yang dilakukan China mungkin bermotif politik karena produsen Taiwan diperlakukan berbeda dari yang ada di tempat lain.

China sendiri merupakan mitra dagang terbesar Taiwan, dengan total ekspor produknya ke China dan Hong Kong mencapai 188,9 miliar dolar AS pada tahun 2021.

Tahun lalu, China juga melarang impor nanas Taiwan dengan alasan kekhawatiran keamanan hayati.


https://www.tribunnews.com/bisnis/2022/08/04/buntut-kunjungan-nancy-pelosi-china-batasi-perdagangan-dengan-taiwan

Sumber: https://www.tribunnews.com/bisnis/2022/08/04/buntut-kunjungan-nancy-pelosi-china-batasi-perdagangan-dengan-taiwan
Tokoh



Graph

Extracted

persons Nancy Pelosi,
companies ADA, Dana, Reuters, YouTube,
ministries Bea Cukai, DPR RI, Kemendag,
parties Demokrat,
topics ekspor,
products dolar AS,
nations Amerika Serikat, Hong Kong, Republik Rakyat Cina, Taiwan,
cities Beijing,
cases covid-19,