Infografis Geger Sampah Antariksa Jatuh di Kalbar dan Potensi Bahaya Masa Depan

  • 04 Agustus 2022 10:49:43
  • Views: 1

Liputan6.com, Jakarta - Sampah antariksa yang melintasi langit Pulau Sumatra bagian selatan dan Pulau Kalimantan sempat menggegerkan dalam beberapa hari terakhir. Terutama, warganet yang ramai mengomentari sejumlah unggahan foto maupun video terkait jatuhnya puing orbital atau populer disebut sampah antariksa tersebut.

Pada awalnya, warganet dibikin heboh lantaran mengira sebagai serombongan UFO atau unidentified flying object alias benda terbang aneh. Mereka heran karena ada benda asing yang terbang dengan sangat cepat di langit.

Dalam sejumlah video yang beredar di media sosial atau medsos, perekam dan sejumlah rekannya tak paham dengan benda asing tersebut. Mereka hanya bisa merekam dan takjub, namun sekaligus khawatir. Bahkan, ada yang menyebut bak film Independence Day. Film yang berkisah mengenai serangan alien ke muka Bumi.

Adapun Badan Riset dan Inovasi Nasional atau BRIN mengonfirmasi benda asing itu sebagai sampah antariksa China. Sampah antariksa CZ5B, roket bekas peluncuran modul stasiun antariksa RRT (China) diprakirakan jatuh malam ini, 30-31 Juli 2022, demikian pesan singkat yang dikirim peneliti senior BRIN Thomas Djamaluddin, Sabtu 30 Juli 2022.

Selanjutnya, mengutip brin.go.id, lembaga tersebut menjelaskan telah terpantau sebuah roket bekas peluncuran modul stasiun antariksa milik China jatuh di Samudera Hindia. Peristiwa tersebut terjadi pada 30 Juli 2022, pukul 23.45 WIB.

Ternyata, puing orbital diyakini bagian dari roket Long March 5B milik China itu juga dilaporkan jatuh di Sanggau, Kalimantan Barat atau Kalbar. Sejumlah warga Desa Pengadang, Kabupaten Sanggau, mengaku mendengar suara dentuman di langit, kemudian merasakan getaran di rumahnya. Pengakuan warga juga dibenarkan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Kabupaten Sanggau, Siron.

Apa saja yang disebut sampah antariksa? Bagaimana potensi bahaya masa depan bagi misi penjelajahan luar angkasa dan keselamatan penduduk Bumi? Bagaimana pula ragam tanggapan jatuhnya sampah antariksa dari roket China? Simak selengkapnya dalam rangkaian Infografis berikut ini:

 

Puing antariksa yang diyakini bagian dari roket Long March 5B milik China jatuh di Sanggau, Kalimantan Barat (Kalbar). Sebelum jatuh, benda berwarna merah menyala tersebut melayang di atas langit.


https://www.liputan6.com/news/read/5033002/infografis-geger-sampah-antariksa-jatuh-di-kalbar-dan-potensi-bahaya-masa-depan

Sumber: https://www.liputan6.com/news/read/5033002/infografis-geger-sampah-antariksa-jatuh-di-kalbar-dan-potensi-bahaya-masa-depan
Tokoh



Graph

Extracted

persons Hindia,
companies ADA,
ministries BPBD, BRIN,
topics Suara Dentuman Misterius,
nations Republik Rakyat Cina,
places DKI Jakarta, KALIMANTAN BARAT,