Mengincipi Kesegaran Racikan Bunga Telang Kampung Herbal Mojoroto

  • 04 Agustus 2022 01:16:20
  • Views: 2

TIMESINDONESIA, KEDIRIBunga telang dikenal kaya manfaat. kandungan seperti anti oksidan dan anti depresan membuat bunga berwarna ungu ini semakin jadi idola. Tidak hanya sebagai penghias rumah tapi juga minuman. 

Seperti Es Mingini, racikan dari kampung herbal exotree di kelurahan Mojoroto, Kota Kediri. Memadukan manfaat bunga Telang dengan jeruk nipis, Es Mingini bisa jadi pilihan racikan manfaat bunga Telang yang lebih segar. Tak harus selalu dalam bentuk minuman hangat. 

Warna ungu dari warna bunga alami bunga Telang, membuat es Mingini makin terlihat menyegarkan. Untuk rasa tak kalah dari racikan  bunga Telang yang dijual di kafe. Tapi bagi mereka yang lebih hobi minuman hangat, masih ada saudara Es Mingini, yang disebut Jelang atau singkatan dari Jeruk dan Telang. 

Karena manfaatnya yang beragam, racikan bunga telang jadi salah satu minuman khas sekaligus favorit pengunjung Kedai Palugada, Kampung Herbal Exotree. 

Ciri khas kita disini adalah telang. Jadi bunga telang ternyata betul-betul punya kandungan zat aktif yang sangat baik, jadi senyawanya bagus untuk menangkal kanker, juga antioksidannya tinggi. Itu yang optimalkan selain tanaman-tanaman herbal yang lain, tutur Ketua Pokdarwis Kampung Herbal Mojoroto Didik Krisyunowono, Rabu, (3/8/2022).

Sambiloto-a.jpgSalah satu sudut Kampung Herbal exotree, kelurahan Mojoroto, Kota Kediri (foto : Yobby/Times Indonesia) 

Menu yang ada di kedai tersebut, ditanam dan dibudidayakan sendiri oleh warga Kampung Herbal Exotree. Menurut Didik di kampung tersebut ada lebih dari 100 jenis tanaman herbal, mulai dari jahe merah, empon-empon dan serit.

Segala macam dari apa yang kita budidayakan di sini jadi jenis-jenis tanaman rempah ataupun empon-empon yang ada. Ada secang ada wedang uwuh, kita kreasikan macam-macam minuman, tambah Didik lagi. 

Kampung herbal Mojoroto tidak hanya memberikan suguhan sehat dalam bentuk yang lebih segar dan kekinian. Berbagai  tanaman herbal yang ada membuat tempat ini terlihat asri dan teduh. Kedepan, menurut Didik, tidak hanya minuman akan lebih banyak produk dari tanaman herbal yang akan dibuat. Apalagi sudah banyak orang yang sering datang dan merasakan sendiri manfaat dari tanaman herbal yang ada. 

Bukan hanya untuk wilayah lingkungan setempat, dari luar sudah mulai banyak yang mulai tahu. Mereka mencari jenis tertentu, dicoba cocok dan balik lagi. Itu membuat kita terus semangat karena akhirnya warga merasakan nilai ekonomis. Kita terus kembangkan semua tanaman produk-produk herbal di sini, kita juga belajar dan mencari macam-macam manfaat tanaman herbal di sini,ujar pria yang sehari-hari bekerja sebagai karyawan koperasi. 

Sementara itu, menurut Kepala Kelurahan Mojoroto Achmad Koharudin, Kampung Herbal ini sebenarnya sudah beberapa kali meraih prestasi. Salah satunya untuk mewakili kota Kediri dalam lomba kampung berseri sejak tahun 2018 dalam berbagai tingkat. Serta juara 2 olahan jamu herbal oleh salah satu produk jamu. 

Kampung Herbal pernah lolos di Kampung ProClean tingkat nasional. Kemudia pernah meraih Kampung Berseri tingkat Pratama, Madya kemudian terakhir Mandiri, tukas Achmad Koharudin. (*)

**) Dapatkan update informasi pilihan setiap hari dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Caranya, klik link ini dan join. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di HP.


https://www.timesindonesia.co.id/read/news/421639/mengincipi-kesegaran-racikan-bunga-telang-kampung-herbal-mojoroto

Sumber: https://www.timesindonesia.co.id/read/news/421639/mengincipi-kesegaran-racikan-bunga-telang-kampung-herbal-mojoroto
Tokoh

Graph

Extracted

companies ADA, Google, Telegram,
nations Indonesia,
places JAWA TIMUR,
cities Kediri,