Prediksi Menteri BUMN: Ekonomi Digital Indonesia Tumbuh 8 Kali Lebih Cepat di 2030

  • 04 Agustus 2022 01:07:26
  • Views: 2

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memprediksi ekonomi digital Indonesia di tahun 2030 nanti akan tumbuh sangat masif hingga 8 kali lebih cepat dibandingkan APBN yang hanya bertumbuh 1,5 kali.

Jadi nanti di tahun 2030 nanti ekonomi digital kita akan tumbuh 8 kali lebih cepat dibandingkan APBN yang hanya 1,5 kali. Tak hanya itu, kue ekonomi digital Indonesia akan mencapai Rp 4.500 triliun menjadi yang terbesar di Asia Tenggara pada 2030 mendatang, ujarnya saat menjadi Keynote Speech dalam acara Menuju Masyarakat Cashless yang diselenggarakan oleh Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Jakarta, di Auditorium Perpusnas, Jakarta, Rabu (3/8/2022). 

Melihat pertumbuhan ekonomi digital Indonesia yang begitu masif, dia berharap seluruh masyarakat terutama para generasi muda (millenial) untuk bersiap-siap.

Menurut Erick, ekonomi digital saat ini masuk ke gelombang ketiga dan berharap Indonesia bukan hanya bisa jadi target pasar semata.

Saat ini, tantangan generasi muda Indonesia adalah harus mempersiapkan diri di era digital dan menghadapi perubahan dengan menjadi bagian dari perubahan itu sendiri, ujarnya.

Erick menjelaskan ada 5 prioritas utama kementerian BUMN dimana inisiatif digitalisasi menjadi key factor program diantaranya adalah inovasi modal bisnis yaitu Restrukturisasi Model Bisnis.

Baca juga: BI Percepat Transformasi Ekonomi Digital Lewat FEKDI 2022

ini bisa dilakukan melalui pembangunan ekosistem kerjasama, pertimbangan, kebutuhan stakeholders serta fokus pada core bussines.

Yang kedua adalah Pengembangan Talenta. Kami mengedukasi dan melatih tenaga kerja, mengembangkan SDM Berkualitas untuk Indonesia, profesionalisasi tata kelola dan sistem seleksi SDM, ucapnya.

Yang ketiga adalah Kepemimpinan Teknologi dimana memimpin secara global dalam teknologi strategis dan melembagakan kapabilitas digital seperti data management, advanced analytics, big data, artificial intelligence.

Baca juga: Kominfo Beberkan Tantangan Pengembangan Ekonomi Digital di Indonesia

Keempat adalah Meningkatkan nilai ekonomi dan dampak sosial terutama di bidang ketahanan pangan, energi dan kesehatan dan yang terakhir adalah mengoptimalkan nilai aset dan menciptakan ekosistem investasi yang sehat.


https://www.tribunnews.com/bisnis/2022/08/03/prediksi-menteri-bumn-ekonomi-digital-indonesia-tumbuh-8-kali-lebih-cepat-di-2030

Sumber: https://www.tribunnews.com/bisnis/2022/08/03/prediksi-menteri-bumn-ekonomi-digital-indonesia-tumbuh-8-kali-lebih-cepat-di-2030
Tokoh



Graph

Extracted

persons Erick Thohir,
companies ADA, YouTube,
ministries BI, Kementerian BUMN,
ngos CORE,
topics APBN,
products Artificial Intelligence,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta,