Pemerintah Fokus Bangun Fondasi Ekonomi Digital

  • 04 Agustus 2022 00:32:42
  • Views: 2

KBRN, Jakarta: Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) merupakan instrumen penting dalam membangun fondasi transformasi digital di Indonesia.

Hal itu disampaikan Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati yang mengaku belanja transformasi digital selama pandemi Covid-19 tidak dipotong. 

APBN merupakan instrumen yang sangat penting untuk terus membangun fondasi transformasi digitalisasi ekonomi Indonesia, kata Sri Mulyani kepada wartawan, Rabu (3/8/2022). 

Sri Mulyani mengatakan, Pemerintah melihat perlu adanya sebuah fondasi untuk membangun transformasi digitalisasi melalui investasi infrastruktur digital.

Ini adalah keharusan yang tidak boleh ditunda dan dikorbankan hanya karena terjadi pandemi, dan justru kita harus mengakselerasi di dalam investasi, ucapnya. 

Ia menyebutkan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) merupakan salah satu dari sedikit K/L yang anggarannya dalam tiga tahun terakhir terus meningkat.

Anggaran Kemkominfo pada 2020 Rp20 triliun naik dari tahun sebelumnya yang hanya Rp5,3 triliun dan kemudian kembali naik pada 2021 menjadi Rp26 triliun serta Rp27 triliun tahun ini.

Anggaran itu dipakai untuk membangun fondasi infrastruktur karena tidak mungkin ada transformasi digital apabila infrastruktur digital tidak tersedia termasuk membangun BTS 4G di 4.200 desa.

Pemerintah terus membangun infrastruktur digital di daerah Terdepan, Terluar dan Tertinggal (3T) agar turut menjadi prioritas sehingga masyarakatnya bisa menikmati transformasi digital.

Upaya transformasi digital ini juga sekaligus untuk mempersempit praktik yang tidak baik yaitu korupsi terhadap penyelenggaraan kebijakan pemerintah sesuai arahan Presiden Joko Widodo.

Ini sesuai dengan instruksi Bapak Presiden bahwa kesempatan dan peluang untuk terjadinya korupsi di dalam transaksi dapat dikurangi dan dihapuskan antara lain dengan membangun platform digital, ucapnya.


https://rri.co.id/ekonomi/1565203/pemerintah-fokus-bangun-fondasi-ekonomi-digital?utm_source=news_main&utm_medium=internal_link&utm_campaign=General%20Campaign

Sumber: https://rri.co.id/ekonomi/1565203/pemerintah-fokus-bangun-fondasi-ekonomi-digital?utm_source=news_main&utm_medium=internal_link&utm_campaign=General%20Campaign
Tokoh





Graph

Extracted

persons joko widodo, Sri Mulyani Indrawati,
companies ADA,
ministries Kemenkeu,
topics APBN, transformasi digital,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta,
cases covid-19, korupsi,
musicclubs BTS,