Soal Kasus Brigadir J, Pengamat: Kapolri Perlu Langsung Sampaikan Hasil CSI

  • 03 Agustus 2022 21:46:24
  • Views: 1

JAKARTA - Pengamat Pertahanan dan Keamanan Susaningtyas Nefo Handayani menyoroti penyelidikan kasus kematian Brigadir J yang terkesan berbelit-belit. Menurutnya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo perlu langsung menyampaikan hasil CSI (Criminal Scientific Investigation) dan hasil lengkap penyidikan apabila sudah lengkap. 

Semua ini garus mengacu pada CSI, karena ini harus sampai ke persidangan dan diputus final, katanya melalui keterangan tertulis, Rabu (3/8/2022). 

Nuning, sapaan akrabnya menilai, tim khusus dibentuk Kapolri untuk mengakomodasi harapan masyarakat agar Polri menangani kasus ini secara transparan, obyektif dan akuntabel. Sehingga menggandeng juga secara independen Komnas HAM yang bertindak sebagai saksi untuk menghindarkan kesan ada yang ditutup-tutupi dalam proses penyidikan.

Penyidikannya terkesan lama karena karena kurang sempurnanya olah TKP pertama, adanya pernyataan dini dari pejabat Kasatwil dan Divhumas yang seolah sudah membuat kesimpulan tentang apa yang terjadi padahal peristiwanya terjadi di rumah dinas jenderal, melibatkan keluarga jenderal, dan orang-orang terdekat jenderal, ujarnya. 

BACA JUGA:Pengacara Sebut Brigadir J Ditembak dari Belakang, Komnas HAM: Tanya ke yang Ngomong

Selain itu, CCTV di rumas dinas dalam keadaan tidak berfungsi atau rusak. Kemudian, waktu press release juga tidak mengacu pada tempus delicti (3 hari setelah kejadian baru diberitakan kepada media). Ditambah, adanya laporan baru dari keluarga lorban yang menduga terjadinya penganiayaan berat dan pembunuhan berencana.

 

Ditambahkan Nuning, adanya permintaan ekhumasi (autopsi ulang) dari pihak keluarga melalui kuasa hukumnya menyebabkan waktu hasil autopsi menjadi bertambah sekitar 4 minggu sehingga waktu pembuktian menjadi semakin panjang. Kemudian, analisa digital forensik dan digital komunikasi memerlukan waktu.

Rilis harian tidak harus dilakukan karena akan membentuk opini-opini baru yang bersifat parsial, ujarnya.

BACA JUGA:Soal Kasus Brigadir J, Komisi III: Semua Jajaran Polri Harus Miliki Jiwa Besar dan Kesatria 

Peran Komnas HAM, kata Nuning, saat ini sangat signifikan untuk menghilangkan kesan Polri melakukan rekayasa, sengaja memperlambat penyidikan, dan adanya suatu fakta yg dilewatkan atau di tutup-tutupi.

(Ari)


https://nasional.okezone.com/read/2022/08/03/337/2641588/soal-kasus-brigadir-j-pengamat-kapolri-perlu-langsung-sampaikan-hasil-csi?page=1

Sumber: https://nasional.okezone.com/read/2022/08/03/337/2641588/soal-kasus-brigadir-j-pengamat-kapolri-perlu-langsung-sampaikan-hasil-csi?page=1
Tokoh





Graph

Extracted

persons Listyo Sigit Prabowo, Prabowo,
companies ADA,
ngos Komnas HAM,
topics autopsi,
products CCTV,
places DKI Jakarta,
cases HAM, pembunuhan, penganiayaan,