BPKP Luncurkan Aplikasi Layanan Informasi  Ramah Disabilitas

  • 03 Agustus 2022 20:59:03
  • Views: 4

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) meluncurkan fitur aplikasi layanan informasi yang ramah disabilitas. Aplikasi ini diberi nama Layanan Informasi Publik bagi Penyandang Disabilitas Sensorik (LARISA).

Kepala BPKP Muhammad Yusuf Ateh mengungkap, langkah bertujuan untuk mempermudah penyandang disabilitas sensorik dalam mengakses informasi dari BPKP.

Ia menerangkan, sebagai prasyarat demokrasi yang hakiki, memperoleh informasi merupakan hak asasi bagi setiap orang tanpa terkecuali. Informasi menjadi kebutuhan pokok manusia untuk pengembangan diri dan sosialnya.

“Sebagai upaya layanan bagi penyandang disabilitas, BPKP membuat inovasi yaitu, LARISA BPKP, suatu layanan informasi publik bagi penyandang disabilitas sensorik. LARISA akan memudahkan teman netra, teman wicara dan teman tuli dalam memperoleh informasi dari BPKP, kata dia dalam keterangannya, Rabu (3/8/2022).

Pada era digitalisasi 4.0 masyarakat menginginkan pelayanan yang lebih cepat, transparan, dan akuntabel, serta pola hubungan dengan pemerintah yang lebih interaktif dan dialogis. Untuk itu BPKP berkomitmen dalam meningkatkan kualitas layanan informasi publik.

Ini turut memperhatikan empat aspek yang disyaratkan oleh Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik. Yakni availability, accessibility, acceptability dan affordability secara berkelanjutan kepada setiap orang, termasuk layanan inklusif kepada masyarakat yang mempunyai keterbatasan.

Menurutnya, dalam penyusunan dan pengembangan LARISA, BPKP berkolaborasi dengan tiga balai yang membina teman-teman penyandang disabilitas. Ateh meyakini kolaborasi ini bisa memberikan masukan-masukan yang konstruktif bagi LARISA, sehingga LARISA betul-betul menjadi fasilitas yang memudahkan masyarakat penyandang disabilitas.

“Inovasi ini tentu bukanlah sebuah akhir, melainkan proses yang senantiasa ditingkatkan secara berkelanjutan sesuai kebutuhan pengguna, harapnya. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

kejagung gandeng bpkp telusuri kerugian negara lahan gi


https://www.liputan6.com/bisnis/read/5032875/bpkp-luncurkan-aplikasi-layanan-informasi-ramah-disabilitas

Sumber: https://www.liputan6.com/bisnis/read/5032875/bpkp-luncurkan-aplikasi-layanan-informasi-ramah-disabilitas
Tokoh





Graph

Extracted

persons Muhammad, Muhammad Yusuf Ateh,
companies WhatsApp,
ministries BPKP, Kejagung,
places DKI Jakarta,