CEK FAKTA: Beredar Gambar Surat Pesan dari Bung Hatta ke AR Baswedan, Benarkah?

  • 03 Agustus 2022 20:49:01
  • Views: 2

Suara.com - Beredar gambar yang disebut surat dari Bung Hatta untuk Mantan Wakil Menteri Penerangan Indonesia, AR Baswedan.

Gambar tersebut dibagikan oleh Akun Facebook Pendukung Anies Baswedan Se Indonesia (fb.com/NongNayara) pada 1 Agustus 2022.

Akun tersebut mengunggah sebuah gambar yang diklaim sebagai surat dari Bung Hatta untuk AR Baswedan.

Perlu diketahui AR Baswedan adalah kakek dari Gubernur DKI, Anies Baswedan.

Baca Juga: CEK FAKTA: Benarkah Wanita Ini Selingkuh dengan Pria Lain saat Nonton Pertandingan Sepak Bola di Stadion?

Lalu benarkah klaim tersebut?

Penjelasan

CEK
CEK FAKTA: Benarkah surat dari Bung Hatta untuk AR Baswedan? (Turnbackhoax)

Berdasarkan hasil penelusuran Turnbachoax.id -- jaringan Suara.com, klaim yang menyatakan bahwa ada surat dari Bung Hatta untuk AR Baswedan adalah salah.

Putri bungsu Bung Hatta, Halida Nuriah Hatta menyatakan bahwa surat tersebut palsu. Isinya juga tidak sesuai dengan kepribadian Hatta.

Halida Hatta sendiri sebelumnya pernah membagikan foto surat tersebut dalam akun media sosialnya. Di sana ia menyebut jika surat tersebut palsu dan isinya tidak sesuai dengan kepribadian Hatta.

Baca Juga: CEK FAKTA: Benarkah Kabar Renovasi Ruang Kerja Megawati di BRIN Rogoh Kocek Rp 6 Miliar?

“Pelajarilah kiprah Bung Hatta dari masa remajanya sampai dengan akhir hidupnya. Hidup Bung Hatta menginspirasi keturunannya. Kami selalu ambil nilai-nilai baik dari teladan beliau. Tapi heran masih juga ada kelompok yang mau mempecundangi nama besar Bung Hatta, ucap Halida Nuriah Hatta, putri bungsu Mohammad Hatta, kepada Historia.

Halida Hatta juga menegaskan bahwa seluruh isi surat tersebut adalah sebuah kebohongan besar. Tidak ada satupun dalam isi surat yang sesuai dengan kepribadian Hatta.

“Itu sudah jelas palsu. Tidak perlu dipertanyakan lagi. Namun masalahnya hal itu jangan dibiarkan, tambahnya.

Kesimpulan

Melalui penjelasan di atas, maka klaim bahwa adanya surat dari Bung Hatta untuk AR Baswedan adalah salah.

Informasi tersebut masuk dalam kategori konten yang menyesatkan atau hoaks.

Catatan Redaksi:
Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email cekfakta@suara.com.


https://www.suara.com/news/2022/08/03/200015/cek-fakta-beredar-gambar-surat-pesan-dari-bung-hatta-ke-ar-baswedan-benarkah

Sumber: https://www.suara.com/news/2022/08/03/200015/cek-fakta-beredar-gambar-surat-pesan-dari-bung-hatta-ke-ar-baswedan-benarkah
Tokoh





Graph

Extracted

persons Anies Baswedan, Megawati Soekarnoputri,
companies ADA, Facebook,
ministries BRIN,
nations Indonesia,