247 Labkesda Se Indonesia Bakal Gelar Rakernas di Jawa Barat

  • 03 Agustus 2022 20:37:42
  • Views: 4

PIKRIAN RAKYAT - Jawa Barat akan menjadi tuan rumah Rapat Kerja Nasional (Rakernas) pertama Akselerasi Laboratorium Kesehatan Daerah (Aslabkesda) Indonesia, Organisasi Labkesda se Indonesia yang terbentuk di tengah pandemi Covid-19 sejak tahun 2021 lalu.

Kota Bandung, ditunjuk menyelenggarakan rapat kerja nasional (Rakernas) I ASLABKESDA yang diselenggarakan pada 4-6 Agustus 2022.

Di sana, 247 lLbkesda milik pemerintah provinsi maupun kabupaten/kota se Indonesia akan berkumpul.

Baca Juga: Polda Metro Kembali Jadwalkan Pemeriksaan Roy Suryo Pekan Ini

Isu revitalisasi laboratorium kesehatan milik pemerintah daerah menjadi sangat penting, terlebih pada kemampuan alat penguji yang harus didukung kualitas sumber daya manusia yang handal agar sampel/bahan dapat diuji secara akurat.

Kepala Laboratorium Kesehatan Daerah Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Ema Rahmati menuturkan, laboratorium kesehatan merupakan salah satu fasilitas penting yang harus tersedia.

Keberadaannya sangat diperlukan untuk pengukuran, pengujian, dan penetapan bahan/sampel yang berasal dari manusia maupun nonmanusia untuk menentukan jenis penyakit maupun kondisi kesehatan lainnya. Keberadaan Labkesda ini semakin dibutuhkan terutama di saat pandemi seperti sekarang, katanya di Bandung, Rabu 3 Agustus 2022.

Baca Juga: Stefano Cugurra Sebut Bali United Belum Maksimal, Bandingkan dengan Musim Sebelumnya

Sebagai contoh pada 2021 yang lalu, pihaknya pernah memeriksa hingga 10 ribu sampel Covid-19 per hari.


https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-015180301/247-labkesda-se-indonesia-bakal-gelar-rakernas-di-jawa-barat

Sumber: https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-015180301/247-labkesda-se-indonesia-bakal-gelar-rakernas-di-jawa-barat
Tokoh





Graph

Extracted

persons Roy Suryo, Stefano Cugurra,
ngos EMA,
nations Indonesia,
places JAWA BARAT,
cities bandung,
cases covid-19,
sportclubs Bali United,