MAKI Pertanyakan Penanganan Kasus LNG di KPK

  • 03 Agustus 2022 19:19:42
  • Views: 1

MerahPutih.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dikabarkan sedang menangani kasus dugaan korupsi pengadaan Liquefied Natural Gas (LNG) di PT Pertamina (Persero). Kasus ini diyakini merupakan pelimpahan kasus serupa yang ditangani Kejaksaan Agung.

Dikabarkan, Pertamina memiliki dua kontrak jual beli LNG, yaitu antara Corpus Christi Liquefaction yang merupakan anak usaha Cheniere Energy, Inc (USA). Kemudian kedua perusahaan menandatangani, Sales and Purchase Agreement (SPA) Train 1 pada 4 Agustus 2014.

Baca Juga:

KPK Panggil Wakil Bupati Mamberamo Tengah

Sementara penandatanganan SPA Train 2 dengan perusahaan yang sama ditandatangani pada 1 Juli 2014. SPA adalah perjanjian jual beli yang dilakukan antara kedua belah pihak tentang sebuah kesepakatan pembelian barang.

Lalu, kontrak kedua yakni LNG dari Mozambique LNG1 Company Pte Ltd di mana penandatanganan kesepakatan awal Heads of Agreement (HoA) dilakukan oleh Direktur Gas Hari Karyuliarto pada 8 Agustus 2014.

Saya ikut mengawal kasus ini di Kejagung, beberapa kali diskusi dengan para penyidiknya tentang bagaimana proses ini, dan sudah selesai penyelidikannya. Tiba-tiba KPK meminta untuk juga melakukan penanganan perkara, ujar Koordinator MAKI Boyamin Saiman dalam keterangannya, Rabu (3/8).

Boyamin menyebut, kasus LNG yang ditangani oleh Kejagung adalah LNG dari Mozambique. Namun, dirinya tidak mengetahui secara jelas soal kasus LNG yang tengah dikerjakan KPK.

Yang dikerjakan juga enggak jelas, kata Boyamin

Kontrak dengan LNG Mozambique, kata ia, SPA kerja samanya ditandatangani pada 29 Januari 2016. Dalam perjanjian itu, Pertamina akan membeli LNG dari Corpus Christi dan LNG Mozambique dengan jangka waktu 20 tahun. (*)

Baca Juga:

KPK Sita Aset Senilai Rp 104,8 Miliar Milik Bupati Probolinggo


https://merahputih.com/post/read/maki-pertanyakan-penanganan-kasus-lng-di-kpk

Sumber: https://merahputih.com/post/read/maki-pertanyakan-penanganan-kasus-lng-di-kpk
Tokoh



Graph

Extracted

persons Boyamin Saiman,
ministries Kejagung, Kejaksaan, Kejaksaan Agung, KPK,
bumns PT Pertamina,
ngos MAKI,
places JAWA TIMUR, PAPUA,
cities Probolinggo,
cases korupsi,