Ini Dua Faktor Penyebab Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Bulan Juli 2022 Menurun

  • 03 Agustus 2022 16:01:27
  • Views: 2

ILUSTRASI. Penurunan IKK ini didorong oleh penurunan dua komponen pembentuknya. KONTAN/Baihaki/25/3/2019

Reporter: Bidara Pink | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Survei Danareksa Research Institute (DRI) menunjukkan adanya penurunan keyakinan konsumen pada awal semester II-2022. Ini terlihat dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Juli 2022 yang sebesar 89,1 atau menyusut 2,0% mom dari 90,9. 

Kepala Ekonom DRI Rima Prama Artha mengungkapkan, penurunan IKK ini didorong oleh penurunan dua komponen pembentuknya, yaitu indeks kondisi ekonomi (IKE) saat ini dan indeks ekspektasi konsumen (IEK). 

“IKE tercatat 56,4 atau turun 3,9% mom dari 58,6. Sedangkan IEK tercatat 113,6 atau turun 1,3% mom dari 115,1, tulis Rima dalam laporan Survei Konsumen DRI Juli 2022, Rabu (3/8). 

Baca Juga: Peningkatan Harga Barang Mengikis Keyakinan Konsumen

Rima memerinci, penurunan IKE Saat Ini memang menunjukkan keyakinan masyarakat yang menurun terhadap kondisi ekonomi saat ini. Tergerusnya keyakinan ini karena peningkatan harga makanan dan jasa yang terus berlanjut. 

Meski begitu, Rima melihat penurunan IKE Saat Ini masih bisa ditahan oleh ketersediaan lapangan pekerjaan yang meningkat, seiring dengan ekspansinya Purchasing Managers’ Index (PMI) Manufaktur pada bulan tersebut.

Sedangkan untuk penurunan ekspektasi konsumen ke depan, Rima mengatakan ini lebih karena masyarakat yang khawatir akan peningkatan harga, khususnya pangan selama enam bulan ke depan. Namun, meski menurun, IEK ini masih berada di atas 100 atau di level optimistis. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.




Reporter: Bidara Pink
Editor: Handoyo .


https://nasional.kontan.co.id/news/ini-dua-faktor-penyebab-indeks-keyakinan-konsumen-ikk-bulan-juli-2022-menurun

Sumber: https://nasional.kontan.co.id/news/ini-dua-faktor-penyebab-indeks-keyakinan-konsumen-ikk-bulan-juli-2022-menurun
Tokoh



Graph

Extracted

persons Pink,
companies Google,
ngos PMI,
places DKI Jakarta,