Ketua DPR Nancy Pelosi ke Taiwan, China Panggil Duta Besar AS

  • 03 Agustus 2022 14:59:02
  • Views: 1

Supianto | Rabu, 03/08/2022 14:31 WIB

Ketua

Kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi dan Wakil Ketua Parlemen Taiwan Tsai Chi-chang melambai kepada wartawan saat kedatangannya di Parlemen di Taipei pada 3 Agustus 2022. (Foto: AFP/Sam Yeh)

JAKARTA, Jurnas.com - Pemerintah China memanggil duta besar Amerika Serikat (AS) di Beijing untuk menyampaikan teguran atas perjalanan mengerikan Ketua DPR Nancy Pelosi ke Taiwan

Wakil Menteri Luar Negeri China, Xie Feng menyuarakan protes keras atas kunjungan Pelosi ke pulau yang memiliki pemerintahan sendiri yang demokratis, yang dianggap China sebagai bagian dari wilayahnya, selama pembicaraannya dengan Duta Besar Nicholas Burns.

Langkah ini sangat mengerikan dan konsekuensinya sangat serius, kata Xie seperti dikutip oleh kantor berita pemerintah China Xinhua. China tidak akan tinggal diam.

Perjalanan Pelosi, pejabat AS terpilih dengan profil tertinggi untuk mengunjungi Taiwan dalam 25 tahun, membuat ketegangan melonjak antara dua ekonomi terbesar dunia, dengan Beijing menganggapnya sebagai provokasi besar.

Xie mengatakan AS akan membayar harga untuk kesalahannya sendiri dan mendesak Washington segera mengatasi kesalahannya, mengambil langkah-langkah praktis untuk membatalkan efek buruk yang disebabkan oleh kunjungan Pelosi ke Taiwan.

Pelosi mendarat di Taiwan Selasa (2/8) malam, menentang serangkaian peringatan kemarahan dari Beijing.

Sementara pemerintahan Biden dipahami menentang pemberhentian Pelosi di Taiwan, juru bicara Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih John Kirby mengatakan di Washington bahwa ia berhak pergi ke mana pun ia mau.

Militer China mengatakan dalam siaga tinggi dan akan meluncurkan serangkaian tindakan militer yang ditargetkan sebagai tanggapan atas kunjungan tersebut. Mereka mengumumkan rencana untuk serangkaian latihan militer di perairan sekitar pulau yang akan dimulai pada Rabu (3/8).

Kementerian Pertahanan Taiwan mengatakan lebih dari 21 pesawat militer China telah terbang pada hari Selasa ke zona identifikasi pertahanan udara pulau itu - area yang lebih luas dari wilayah udara teritorialnya yang tumpang tindih dengan bagian dari zona pertahanan udara China sendiri.

Taiwan adalah Taiwan-nya China, dan Taiwan pada akhirnya akan kembali ke pelukan ibu pertiwi. Orang-orang China tidak takut pada hantu, tekanan, dan kejahatan, kata Xie kepada Burns, menurut Xinhua.

Tidak ada komentar langsung dari Washington.

Sumber: AFP

TAGS : Amerika Serikat Protes Kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi China Taiwan

https://www.jurnas.com/artikel/121565/Ketua-DPR-Nancy-Pelosi-ke-Taiwan-China-Panggil-Duta-Besar-AS/
 
Sumber: https://www.jurnas.com/artikel/121565/Ketua-DPR-Nancy-Pelosi-ke-Taiwan-China-Panggil-Duta-Besar-AS/
Tokoh



Graph

Extracted

persons Nancy Pelosi,
companies ADA,
ministries DPR RI,
fasums Gedung Putih,
nations Amerika Serikat, Republik Rakyat Cina, Taiwan,
places DKI Jakarta,
cities Beijing, Washington,