Komnas HAM Pastikan Hasil Autopsi Brigadir J Akan Dicocokkan dengan Uji Balistik

  • 03 Agustus 2022 14:47:24
  • Views: 10

JAKARTA - Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) akan memastikan hasil autopsi jenazah Brigadir Nopryansah Yosua Hutabarat atau Brigadir J dicocokan dengan uji balistik yang akan diselenggarakan pada Jumat 5 Agustus 2022 mendatang.

Saya bilang tunggu hasil autopsi ulang untuk memastikan kenapa dia penyebab kematian. Nanti akan dicek dengan uji balistik. Arah peluru jenis peluru, ujar Taufan kepada wartawan Rabu (3/8/2022).

Kalau dia mati karena tembakan saja, maka begini peristiwanya, kalau dia ternyata mati bukan karena hanya senjata tapi ada penyiksaan, konstruksi peristiwa berubah, konstruksi pelaku berubah, tambahnya.

Ia menuturkan bahwa pihaknya mengalami masalah dalam menelusuri kasus ini, dikarenakan CCTV yang tidak berfungsi di rumah Kadiv Propam nonaktif Polri, Irjen Pol Ferdy Sambo.

Nah ini kemudian ada masalah itu yang kita sebut sebagai missing link ya di rumah itu dikatakan CCTV-nya tidak berfungsi, jelasnya.

Baca juga: Komnas HAM Ungkap Komunikasi Terakhir Brigadir J dengan Kekasih sebelum Tewas

Sebelumnya, Polri telah melakukan proses ekshumasi atau penggalian kembali terhadap jenazah Brigadir J yang telah dikuburkan di Jambi, Rabu 27 Juli 2022. Ekshumasi diperlukan untuk autopsi ulang agar diketahui pasti penyebab kematian ajudan Kadiv Propam nonaktif Irjen Ferdy Sambo tersebut.

Baca juga: 2 Ajudan Dengar Teriakan Istri Ferdy Sambo, Komnas HAM: Hanya Bu Putri yang Tahu

Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan, ekshumasi dan autopsi ulang dipimpin oleh Kepala Departemen Forensik RSCM Ade Firmansyah Sugiharto.

Dokter Ade Firmansyah Sugiharto sebagai ketua tim kedokteran forensik yang melakukan ekshumasi dan autopsi, kata Dedi, Rabu 27 Juli 2022.

(fkh)


https://nasional.okezone.com/read/2022/08/03/337/2641252/komnas-ham-pastikan-hasil-autopsi-brigadir-j-akan-dicocokkan-dengan-uji-balistik?page=1

Sumber: https://nasional.okezone.com/read/2022/08/03/337/2641252/komnas-ham-pastikan-hasil-autopsi-brigadir-j-akan-dicocokkan-dengan-uji-balistik?page=1
Tokoh





Graph

Extracted

persons Dedi Prasetyo, Ferdy Sambo,
companies ADA,
ministries Mabes Polri,
ngos Komnas HAM,
topics autopsi,
products CCTV,
places DKI Jakarta, JAMBI,
cases HAM,