Komnas HAM Laporkan Perkembangan Kasus Brigadir J ke Jokowi

  • 03 Agustus 2022 13:47:36
  • Views: 6

JAKARTA - Ketua Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM), Ahmad Taufan Damanik mengatakan bahwa dirinya selalu melaporkan pemeriksaan dan penyidikan terkait kematian Brigadir J ke Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Hal tersebut sebagai bentuk koordinasi, mengingat dalam beberapa kesempatan Presiden selalu menginginkan tentang transparansi dalam mengungkap kasus tersebut.

Makanya saya katakan dimana-mana nggak usah berdebat metode ngapain Anda memperdebatkan metode, masing-masing pihak punya metode sendiri, timsus punya metode, penyidik bisa punya metode nanti kita kroscek masing-masing punya metode sendiri, ujarnya kepada wartawan di Kantor Komnas HAM, Rabu (3/8/2022).

Kami punya kerja sama kan, jadi saya bisa ketemu sama timsus sama penyidik, semua itu koordinasinya ke Istana, jadi jelas kan, apa arahan Bapak Presiden, sambungnya.

Baca juga: Komnas HAM Ungkap Alasan Ditundanya Pemeriksaan Tim Siber dan Balistik Terkait Brigadir J

Taufan menerangkan, setiap hasil pemeriksaan dan pengumpulan barang bukti hingga tahapan lainnya selalu disampaikan kepada pihak Istana. Ia menjelaskan tujuan dari follow up tersebut sebagai komitmen agar kasus yang ditangani dapat dilakukan secara transparan.

Iya masing-masing punya cara sendiri, saya selalu ketemu dengan Pak Mahfud koordinasi saya dengan beliau jadi kalau ada apa-apa di sini saya akan bilang ke Pak Mahfud, ini kan jelas arahan Presiden harus dibuka seterang-terangnya, ujarnya.

Baca juga: Komnas HAM Akan Periksa Ferdy Sambo dan Istri Usai Puslabfor Uji Balistik

Dirinya menegaskan bahwa Komnas HAM sebagai lembaga independen selalu membantu dari sisi fungsi pengawasan dan penyelidikan yang telah diatur dalam peraturan perundang-undangan.

Misalnya menilai apakah bahan bukti barang bukti ini seperti yang disimpulkan penyidik itu sudah benar atau tidak, kalau tidak yang bisa memberikan arahan kepada penyidik ini atasannya, siapa? Kapolri, di atas Kapolri siapa? Presiden, jadi kalau kami melihat ada yang simpang siur sini kami lapor Presiden melalui Pak Menko, tuturnya.

Baca juga: Bripka Ricky dan Bharada E Tak Saksikan Dugaan Pelecehan Istri Ferdy Sambo, Cuma Dengar Teriakan


https://nasional.okezone.com/read/2022/08/03/337/2641185/komnas-ham-laporkan-perkembangan-kasus-brigadir-j-ke-jokowi?page=1

Sumber: https://nasional.okezone.com/read/2022/08/03/337/2641185/komnas-ham-laporkan-perkembangan-kasus-brigadir-j-ke-jokowi?page=1
Tokoh









Graph

Extracted

persons Ahmad Taufan Damanik, Ferdy Sambo, joko widodo, Mahfud MD,
companies ADA,
ngos Komnas HAM,
places DKI Jakarta,
cases HAM,