Mogok Massal dan Demo Berlarut Berdampak ke Citra Labuan Bajo, Komisi X DPR Diminta Segera Panggil Kemenparekaf

  • 03 Agustus 2022 12:49:57
  • Views: 5

Suara.com - Anggota Komisi X DPR RI Andreas Hugo Pareira meminta Komisi X yang membidangi pariwisata turun tangan dalam menangani mogok massal pelaku usaha di Labuan Bajo. Mogok massal tersebut terjadi akibat kenaikan tarif masuk ke Pulau Komodo dari Rp 150 ribu menjadi Rp 3,75 juta.

Andreas menilai mogok massal yang dilakukan para pelaku ekonomi kreatif, terlebih dibarengi dengan unjuk rasa penolakan kenaikan tarif tidak bisa dibiarkan berlarut-larut. Sebab, hal itu akan berdampak terhadap citra Labuan Babo di mata wisatawan.

Situasi Labuan Bajo dengan suguhan aksi damai demo merupakan suguhan yang buruk bagi wisatawan dan negative campaign untuk Labuan Bajo-Flores. Kalau demo mogok massal ini berlangsung terus, lama kelamaan wisatawan enggan dan tidak nyaman berkunjung ke Labuan Bajo-Flores, kata Andreas, Rabu (3/8/2022).

Untuk menangani persoalan tersebut, Andreas meminta Komisi X segera memanggil Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) beserta pihak-pihak terkait untuk duduk bersama membahasnya di rapat dengar pendapat.

Baca Juga: Pemerintah Diminta Segera Cairkan Anggaran KPU

Meminta Komisi X untuk mengagendakan Rapat Dengar Pendapat (RDP) mengundang Kemenparekraf, perwakilan pelaku wisata di Labuan Bajo, Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo-Flores (BPOLBF) dan PT Flobamora pada massa sidang yang akan datang, kata Andreas.

Diketahui, sejumlah pelaku usaha pariwisata di Labuan Bajo menggelar aksi unjuk rasa di sejumlah titik di Labuan Bajo dalam beberapa hari terakhir.

Mereka menolak kenaikan harga tiket masuk ke Pulau Komodo yang semula Rp150 ribu menjadi Rp3,75 juta per orang.

Sementara itu sejumlah pelaku usaha pariwisata mengatakan akan mogok massal selama satu bulan. Terhitung mulai 1 hingga 31 Agustus 2022.

Sejumlah
Sejumlah pelaku bisnis wisata di Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT berunjuk rasa menentang kenaikan harga tiket masuk Pulau Komodo pada Juli 2022. [Antara/Fransiska Intan Nuka]

Pengusaha di Labuan Bajo atau Taman Nasional Komodo dan semua destinasi wisata Manggarai Barat tidak akan melayanani aktivitas wisata dalam bentuk apa pun.

Baca Juga: ASEAN Para Games 2022: Setiawan Sumbang Medali Emas Pertama dari Cabang Para Panahan

Layanan transportasi, kapal wisata, tour guide, hotel da restoran tidak akan melayani wisatawan.


https://www.suara.com/news/2022/08/03/121306/mogok-massal-dan-demo-berlarut-berdampak-ke-citra-labuan-bajo-komisi-x-dpr-diminta-segera-panggil-kemenparekaf

Sumber: https://www.suara.com/news/2022/08/03/121306/mogok-massal-dan-demo-berlarut-berdampak-ke-citra-labuan-bajo-komisi-x-dpr-diminta-segera-panggil-kemenparekaf
Tokoh



Graph

Extracted

persons Andreas Hugo Pareira,
ministries DPR RI, kemenparekraf, KPU,
organizations ASEAN,
parties PDIP,
products emas,
places NUSA TENGGARA TIMUR, Sumatera Utara,
cities Labuan Bajo, Manggarai,