KPK-Kejaksaan Berlomba Pulangkan Buronan Surya Darmadi dari Singapura

  • 03 Agustus 2022 11:52:51
  • Views: 4

Rabu, 3 Agustus 2022 - 11:00 WIB

VIVA Nasional – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membuka peluang untuk mengekstradisi bos PT Duta Palma Group, Surya Darmadi alias Apeng. Diketahui, Surya Darmadi alis Apeng yang menjadi buronan atas kasus korupsi dikabarkan sedang berada di Singapura.

Terkait dengan ekstradisi itu juga nanti pasti akan kami jajaki, kata Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata di Jakarta, dikutip Rabu 3 Agustus 2022.

Pria yang akrab disapa Alex itu menjelaskan, KPK perlu memastikan betul atau tidaknya Surya Darmadi alias Apeng berada di Singapura. Tidak hanya itu, KPK juga akan mendalami soal ketentuan dalam perjanjian ekstradisi antara Indonesia dan Singapura yang baru ditandatangani pada Januari 2022 lalu.

Misalnya yang bersangkutan keberadaannya betul di sana dan kita punya perjanjian ekstradisi kan itu, dan apa yang kejahatan dilakukan di Indonesia itu mempunyai sanksi hukum yang sama di Singapura, ya itu kan syarat-syarat perjanjian ekstradisi seperti itu, ujar Alex.

Kemudian, pihak Alex akan berkoordinasi dengan The Corrupt Practices Investigation Bureau (CPIB) atau KPK-nya Singapura untuk mencari keberadaan Surya Darmadi alis Apeng. Dia juga menambahkan, KPK belum mengetahui status Apeng saat ini, apakah masih Warga Negara Indonesia (WNI) atau WN Singapura.

Dan posisi yang bersangkutan tadi disebutkan di mana, di Singapura. Kami punya koordinasi dengan CPIB, KPK-nya Singapura. Itu nanti kita akan cek ke sana, menanyakan keberadaan yang bersangkutan (Surya Darmadi), tuturnya. 

Kapuspenkum

Kapuspenkum Kejaksaan Agung, Ketut Sumedana


https://www.viva.co.id/berita/nasional/1505080-kpk-kejaksaan-berlomba-pulangkan-buronan-surya-darmadi-dari-singapura

Sumber: https://www.viva.co.id/berita/nasional/1505080-kpk-kejaksaan-berlomba-pulangkan-buronan-surya-darmadi-dari-singapura
Tokoh





Graph

Extracted

persons Alexander Marwata, Ketut Sumedana,
ministries Kejagung, Kejaksaan, Kejaksaan Agung, KPK,
topics BOS,
nations Indonesia, Singapura,
places DKI Jakarta,
cases korupsi,