Anies Ubah Nama Rumah Sakit Milik Pemprov DKI Jadi Rumah Sehat, yang Dikelola Swasta Tergantung Kemenkes

  • 03 Agustus 2022 11:48:59
  • Views: 6

Suara.com - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) milik Pemprov DKI Jakarta kini berubah nama menjadi rumah sehat. Nama itu diganti oleh Gubernur Aneis Baswedan.

Anies mengatakan penjenamaan itu dilakukan untuk mengubah pola pikir atau mindset warga tentang rumah sakit. Eks Mendikbud itu berharap dengan penggantian itu, rumah sakit tidak hanya didatangi saat dalam keadaan sakit saja melainkan ketika dalam kondisi sehat.

Selama ini RS kita berorientasi pada kuratif dan rehabilitatif sehingga datang karena sakit jadi datang untuk sembuh untuk sembuh itu harus sakit dulu, kata Anies saat meresmikan penjenamaan itu di RSUD Cengkareng, Jakarta Barat, Rabu (3/8/2022).

Lebih lanjut, Anies menyebut peran rumah sehat nantinya akan ditambah dari segi promotif dan preventif.

Baca Juga: Tertunda 2 Tahun, Akhirnya Anies Ubah Nama RSUD DKI Jakarta Jadi Rumah Sehat

Gubernur
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat mengunjungi RSUD Cengkareng, Jakarta Barat, Rabu (3/8/2022). (Suara.com/Fakhri)

Hal tersebut dilakukan agar rumah sakit mengambil peran membantu warga melakukan pencegahan penyakit sekaligus mempromosikan hidup sehat.

Nantinya rentetan program yang berkaitan dengan unsur preventif dan promotif kata Anies, akan disiapkan oleh Pemprov DKI untuk diterpa di seluruh rumah sakit.

Hingga saat ini, Anies beserta jajarannya akan menerapkan perubahan nama itu di 31 rumah sakit milik pemerintah yang ada di DKI Jakarta.

Meski demikian, Anies belum berencana untuk menganjurkan penggantian nama ini ke rumah sakit swasta yang ada di wilayah Jakarta agar ikut ganti nama menjadi rumah sehat.

Nantinya, untuk perubahan nama rumah sakit yang lain itu ke Kemenkes, kata dia.

Baca Juga: Peristiwa Bayi Meninggal saat Persalinan di RSUD Jombang Berakhir Damai

Untuk diketahui, pengukuhan penjenamaan itu dilakukan secara simbolis di RSUD Cengkareng, Jakarta Barat. Namun secara serentak kegiatan ini diikuti oleh pejabat tingkat kota secara virtual di setiap RSUD lain wilayah DKI Jakarta. (Antara)


https://www.suara.com/news/2022/08/03/110803/anies-ubah-nama-rumah-sakit-milik-pemprov-dki-jadi-rumah-sehat-yang-dikelola-swasta-tergantung-kemenkes

Sumber: https://www.suara.com/news/2022/08/03/110803/anies-ubah-nama-rumah-sakit-milik-pemprov-dki-jadi-rumah-sehat-yang-dikelola-swasta-tergantung-kemenkes
Tokoh



Graph

Extracted

persons Anies Baswedan,
companies ADA,
ministries Kemenkes, Pemprov DKI Jakarta,
places DKI Jakarta, JAWA TIMUR,
cities Cengkareng,