Anies Baswedan Ubah Nama Rumah Sakit jadi Rumah Sehat

  • 03 Agustus 2022 11:25:39
  • Views: 2

Anies Anies Baswedan di Cengkareng. ©2022 Antara

Merdeka.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mencanangkan penjenamaan (rebranding) rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) menjadi Rumah Sehat di enam wilayah kota/kabupaten.

Penjenamaan ini membuat seluruh RSUD milik Pemprov DKI Jakarta akan diubah menjadi rumah sehat. Hal ini dilakukan karena rumah sakit yang ada berorientasi pada aspek-aspek kuratif dan rehabilitatif.

taboola

Rumah sakit kita berorientasi pada kuratif dan rehabilitatif sehingga datang karena sakit. Lalu, datanglah ke rumah sakit untuk sembuh. Untuk sembuh itu harus sakit dulu sehingga tempat ini menjadi tempat orang sakit, kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di RSUD Cengkareng, Jakarta Barat, Rabu (3/8).

2 dari 3 halaman

Dia mengungkapkan, Pemprov DKI ingin peran rumah sakit bertambah dengan aspek promotif dan preventif. Kedua aspek tersebut diharapkan membuat masyarakat datang ke rumah sehat untuk menjadi sehat dan lebih sehat.

Jadi, rumah sehat ini dirancang untuk benar-benar membuat kita berorientasi pada hidup yang sehat, bukan sekedar berorientasi untuk sembuh dari sakit. Karena itulah, kemudian konsepnya disusun sebagai sebuah rumah sehat untuk Jakarta, jelas mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu.

Lalu penjenamaan ini juga akan menyeragamkan seluruh simbol rumah sakit yang ada di Jakarta. Hal tersebut dilakukan karena simbol yang ada di tiap rumah sakit berbeda-beda.

Seakan-akan ini bukan satu kesatuan. Padahal semuanya adalah institusinya pemerintah yang memberi pelayanan kepada seluruh warga, yang warga bisa datang ke mana pun juga, jelasnya.

3 dari 3 halaman

Adapun pencanangan penjenamaan rumah sehat untuk Jakarta ini telah dirancang sejak 2019. Pada awal 2020, program ini mulai disiapkan. Namun, pandemi canangan ini harus terhenti dan baru bisa diaktifkan lagi setelah suasana lebih memungkinkan.

Jadi, satu sisi adalah memperluas aspeknya. Dari hanya dua, (yaitu) kuratif dan rehabilitatif, ditambah dengan promotif dan preventif. Kemudian, menyeragamkan semuanya, tambah Anies.

Dia berharap penjenamaan ini akan membuat masyarakat memandang rumah sehat dengan cara pandang berbeda daripada memandang rumah sakit. [fik]

Baca juga:
Banding UMP DKI, Anies Baswedan Harap Majelis Hakim Pertimbangkan Keadilan Sosial
Potret Ali Saleh Sebelum jadi Menantu Anies Baswedan, Tampannya 11 12 dengan Mertua
NasDem soal Dukungan JK di 2024: Secara Personal Dekat ke Anies Baswedan
Potret Cantik & Pangling Mutiara Baswedan di Hari Pernikahan, Acara Digelar 3 Hari
Tiga Hari Resepsi Pernikahan Putri Anies Baswedan yang Tak Pernah Sepi Tamu Undangan
Ganjar Puji Pernikahan Anak Anies: Keduanya Serasi Banget
Hari ke-3 Resepsi Putri Anies Baswedan, Mardani: Banyak Relawan Kayak Siap-Siap 2024


https://www.merdeka.com/jakarta/anies-baswedan-ubah-nama-rumah-sakit-jadi-rumah-sehat.html
 

Sumber: https://www.merdeka.com/jakarta/anies-baswedan-ubah-nama-rumah-sakit-jadi-rumah-sehat.html
Tokoh



Graph

Extracted

persons Anies Baswedan,
companies ADA,
ministries Kemdikbud, Pemprov DKI Jakarta,
parties Nasdem,
places DKI Jakarta,
cities Cengkareng,