Subsidi Bengkak Rp 502 Triliun, Pengusaha: Momentun Transisi Energi

  • 03 Agustus 2022 10:59:19
  • Views: 3

Liputan6.com, Jakarta Subsidi sektor energi untuk BBM dan listrik tercatat sebesar Rp 502 triliun di tahun 2022. Tingginya angka ini disebut jadi momentum transisi ke energi bersih.

Tingginya angka subsidi ini dipengaruhi oleh konsumsi BBM subsidi yang juga dinilai berlebihan. Malah ditakutkan akan habis lebih dahulu sebelum tutup tahun 2022.

Ketua Bidang Keuangan dan Perbankan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Anggawira memandang ini jadi momentum transisi ke energi hijau. Sehingga, diharapkan mampu menekan beban APBN atas subsidi energi fosil.

Harus dibatasi itu penggunaan pertalite terutama untuk konsumsi-konsumsi kendaraan yang sifatnya pribadi, itu harus dibatasi dan memang harus segera mendorog transisi energi penggunaan mobil listrik dan sebagainya, kata dia kepada Liputan6.com, dikutip Rabu (2/8/2022).

Karena memang peneggunaan BBM untuk sektor publik juga masih banyak jumlahnya, tambah dia.

Ketua Umum Asosiasi Pemasok Batubara Indonesia (Aspebindo) ini juga melihat transisi energi tak sebatas di sektor hilir. Tapi, perlu diikuti dengan komitmen peralihan di sektor hulu, seperti halnya pembangkit listrik.

Saat ini, sekitar 70 persen pembangkit listrik di dalam negeri menggunakan bahan baku fosil. Meski, telah ada wacana untuk beralih ke energi baru terbarukan (EBT).

Penggunaan PLN untuk keperluan pembangkit-pembangkit kalau bisa memang ada pemanfaatan daripada gas, kita kan kaya akan sumber daya gas, nah ini untuk transisi energi ini sebaiknya diarahkan kesana, bebernya.

Melalui langkah itu, harapannya, konsumsi BBM fosil termasuk subsidi akan berkurang. Imbasnya, subsidi energi yang menggunakan uang negara pun bisa berkurang.

 

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dan PT PLN (Persero) tengah menggodok penyederhanaan kelas golongan pelanggan listrik rumah tangga non-subsidi.


https://www.liputan6.com/bisnis/read/5031814/subsidi-bengkak-rp-502-triliun-pengusaha-momentun-transisi-energi

Sumber: https://www.liputan6.com/bisnis/read/5031814/subsidi-bengkak-rp-502-triliun-pengusaha-momentun-transisi-energi
Tokoh

Graph

Extracted

companies ADA,
ministries Kementerian ESDM,
bumns PLN,
institutions HIPMI,
topics APBN, Listrik,
products batubara,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta,
transportations mobil listrik,