Beras Dikubur, Kemensos Tak Temukan Stiker Bantuan Presiden

  • 02 Agustus 2022 22:40:28
  • Views: 4

KBRN, Jakarta: Kementerian Sosial tidak menjumpai karung-karung beras dengan stiker Bantuan Presiden melalui Kemensos yang ditemukan terkubur di Sukmajaya, Depok. 

Kami mencocokkan karung beras, memang ada 20 kg, ada 5 kg. Seingat kami saat bantuan itu diluncurkan untuk beras 20 kg, itu ada tulisan 'Bantuan Presiden melalui Kemensos', kata Inspektur Jenderal Kementerian Sosial (Kemensos) Dadang Iskandar dalam jumpa pers di Jakarta, Selasa (2/8/2022).

Kebetulan saya masih punya dokumentasinya. Ini tahun 2020, waktu penyaluran kami melakukan monitoring evaluasi, sambungnya.

Dadang mengatakan, saat di lokasi tercium aroma kurang sedap. Sehingga diduga bantuan bukan hanya beras, namun terdapat barang lain. 

Kondisinya bau, bau sekali. Bau telur busuk dan segala macam, ungkap Dadang.

Jadi kalau dilihat dari kondisi yang ada, ini sebenarnya bukan bantuan beras saja, tapi ada tepung ada telur, tambahnya. 

Dadang menjelaskan, bantuan beras yang disalurkan pada 2020 tersebut terdiri dari dua tahap. Dengan sasaran 1,9 juta penerima manfaat se-Jabodetabek dan 10 juta penerima manfaat di seluruh Indonesia.

Adapun pelaksana bantuan yang disalurkan merupakan perusahaan distribusi dan logistik PT DNR dan PT BGR Logistic Indonesia. Dadang menyebut, tak mengetahui vendor yang digunakan Bulog dalam penyaluran bantuan itu. 

Nah kalau yang Bulog ini yang kita tidak tahu siapa distributor nya, penyalurnya, tandasnya. 

Diketahui, temuan bantuan sosial yang terkubur dalam tanah di kawasan Kampung Serab, Sukmajaya, Kota Depok terjadi pada akhir Juli 2022.

Bansos itu diduga bantuan Presiden Joko Widodo berupa beras yang mestinya diberikan kepada warga terdampak pandemi virus corona (Covid-19).

Temuan berawal ketika ahli waris pemilik lahan melakukan penggalian dengan alat berat.

Dalam foto-foto yang beredar, kondisi beras itu tampak sudah rusak. Temuan ini kini ditangani oleh Polres Depok.


https://rri.co.id/nasional/peristiwa/1564226/beras-dikubur-kemensos-tak-temukan-stiker-bantuan-presiden?utm_source=news_main&utm_medium=internal_link&utm_campaign=General%20Campaign

Sumber: https://rri.co.id/nasional/peristiwa/1564226/beras-dikubur-kemensos-tak-temukan-stiker-bantuan-presiden?utm_source=news_main&utm_medium=internal_link&utm_campaign=General%20Campaign
Tokoh



Graph

Extracted

persons joko widodo,
companies ADA,
ministries Kemensos,
topics Bantuan Sosial,
products Beras,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta, JAWA BARAT,
cities Depok, Jabodetabek,
cases covid-19,