Wapres Ma'ruf Amin Kantongi Nama-Nama Penjabat Gubernur Provinsi Baru Papua

  • 02 Agustus 2022 21:27:37
  • Views: 1

Merdeka.com - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin memimpin rapat terbatas tentang Papua di Istana Wakil Presiden pada Selasa (2/8). Dalam rapat tersebut, Mendagri Tito Karnavian menyampaikan nama-nama penjabat gubernur tiga provinsi baru Papua.

Memang bapak Mendagri tadi sudah melaporkan mengenai siapa yang akan menjadi pemimpin di wilayah-wilayah baru, kat juru bicara Wapres, Masduki Baidlowi di Istana Wapres.

taboola

Menurut Masduki, usulan nama-nama penjabat merupakan aspirasi dan usulan dari daerah. Namun dia enggan menyebutkan salah satu nama sebab masih berupa usulan dan belum final.

Aspirasinya sudah banyak, beberapa tokoh, disebutkan beberapa nama, tapi semuanya masih belum final, kata Masduki.

2 dari 2 halaman

Fokus Pembangunan Infrastruktur

Menurut Masduki, Ma’ruf Amin lebih fokus pembangunan infrastruktur dan aturan di tiga provinsi baru Papua dalam rapat hari ini. Wapres konsen supaya persiapan di lapangan betul-betul untuk infrastruktur dan aturan-aturan supaya tidak ada konflik di daerah itu. Itu yang lebih diutamakan Wapres yang diharapkan seperti itu, pungkas dia.

Sebelumnya, Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) John Wempi Wetipo memastikan, penjabat gubernur untuk tiga provinsi baru di Papua sudah digodok Kemendagri. Menurut Wempi, kementeriannya sudah melakukan kunjungan ke tiga provinsi untuk mempersiapkan hal terkait.

“Kita baru lakukan kunjungan kemarin ya tanggal 25-29 kemarin ada di Papua, kita lakukan road show, 25 (Juli) itu di Nabire mewakili Provinsi Papua Tengah. Tanggal 27 (Juli) di Wamena mewakili Provinsi Papua Pegunungan dan 28 (Juli) di Merauke, Merauke mewakili Provinsi Papua Selatan, kata Wempi usai menghadiri acara bersama BNPT di Hotel Borobudur Jakarta, Selasa (2/8/2022).

Wempi menambahkan, road show itu diperlukan sebelum proses peresmian provinsi dan juga pelantikan penjabat (Pj) gubernur. Sehingga, lanjut Wempi, saat penjabat gubernur yang dilantik bisa langsung bekerja dalam masa transisi dua tahun belum ada pemilihan gubernur definitif dari hasil Pemilu 2024.

Wempi mengungkap, rencananya peresmian provinsi dan pelantikan penjabat gubernur akan dilakukan langsung oleh Presiden Jokowi. Lokasinya akan ditempatkan salah satu dari tiga provinsi itu sebagai langkah simbolik.

“Kita meminta dari tim kita bagaimana Bapak Presiden hadir di salah satu titik, katakanlah di Merauke, Merauke jadi tempat untuk dipusatkan peresmian tiga DOB yang baru. Sekaligus pelantikan penjabat gubernur juga dipusatkan di sana. Harapan kami begitu. Sehingga kita ingin terlebih dahulu melaporkan ke Pak Mendagri nanti beliau yang melaporkan ke Pak Presiden, Wempi menutup.

Reporter: Delvira Hutabarat/Liputan6.com [gil]

Baca juga:
Nasib 3 Provinsi Baru Papua di Pemilu 2024, Ini Penjelasan Mahfud MD
Suasana Audiensi Majelis Rakyat Papua dengan KPU
Jokowi Bakal Lantik Langsung Tiga Penjabat Gubernur Provinsi Baru Papua
DPR Usul 3 UU DOB Papua Diundangkan usai Pendaftaran Parpol Ditutup, Ini Alasannya
Ketua KPU: 3 DOB Papua Tak Terlalu Signifikan Tambah Anggaran Pemilu 2024
Papua Dimekarkan, KPU Tetap Gunakan Basis 34 Provinsi Pendaftaran Parpol Pemilu 2024
Majelis Rakyat Papua Audiensi dengan KPU Terkait Penambahan 3 Provisi Baru Siang Ini


https://www.merdeka.com/peristiwa/wapres-maruf-amin-kantongi-nama-nama-penjabat-gubernur-provinsi-baru-papua.html
 

Sumber: https://www.merdeka.com/peristiwa/wapres-maruf-amin-kantongi-nama-nama-penjabat-gubernur-provinsi-baru-papua.html
Tokoh











Graph

Extracted

persons joko widodo, Ma'ruf Amin, Mahfud MD, Masduki Baidlowi, Tito Karnavian,
companies ADA,
ministries BNPT, DPR RI, Kemendagri, KPU, MA,
topics Pemilu 2024,
fasums Borobudur,
places DKI Jakarta, PAPUA,
cities Nabire, Wamena,