Sampah Antariksa Diduga Puing Pesawat SpaceX Jatuh di Peternakan Australia

  • 02 Agustus 2022 21:10:15
  • Views: 2

Belakangan BRIN mengonfirmasi bahwa benda asing itu adalah sampah antariksa Tiongkok. Benda asing itu diketahui adalah sampah antariksa CZ5B dan berbentuk roket bekas peluncuran modul stasiun antariksa Tiongkok.

BRIN menyatakan telah terpantau sebuah roket bekas peluncuran modul stasiun antariksa Republik Rakyat Tiongkok (RRT), Long March 5B, jatuh di Samudera Hindia. Peristiwa tersebut terjadi pada 30 Juli 2022, pukul 23.45 WIB.

“Sampah antariksa CZ5B, roket bekas peluncuran modul stasiun antariksa RRT (Republik Rakyat Tiongkok) diprakirakan jatuh malam ini, 30-31 Juli 2022, tulis pesan singkat Peneliti Senior BRIN, Thomas Djamaludin ke Humas BRIN, Sabtu (30/7).

Dengan ketinggian sekitar 120km, terpantau sampah antariksa RRT ini melintasi wilayah Sumatera bagian selatan dan Kalimantan Barat, dan saat ini sudah jatuh di lautan.

“Alhamdulillah, bekas roket peluncuran RRT CZ5B berbobot sekitar 20 ton berukuran 30 meter telah terkonfirmasi atmospheric re-entry di Samudera Hindia tadi malam, 30 Juli 2022, pk 23.45 WIB, demikian informasi terbaru dari Thomas.

Dia juga mengatakan, sampah tersebut tidak berbahaya bagi biota laut di Samudera Hindia. Ia menerangkan, data orbit dari pemantauan space-track.org menunjukkan titik jatuh di barat daya Indonesia.

“Namun bisa jadi ada pecahannya tersebar sepanjang lintasan terakhir, orbitnya melintasi Sumatera bagian selatan.

Bila ada penduduk yang melihat objek langit jatuh sekitar pukul 23.45 WIB segera melaporkan ke Pusat Riset Antariksa BRIN melalui email prantariksa@brin.go.id, imbaunya.

 


https://www.liputan6.com/tekno/read/5031653/sampah-antariksa-diduga-puing-pesawat-spacex-jatuh-di-peternakan-australia

Sumber: https://www.liputan6.com/tekno/read/5031653/sampah-antariksa-diduga-puing-pesawat-spacex-jatuh-di-peternakan-australia
Tokoh





Graph

Extracted

persons Hindia, Thomas Djamaludin,
companies ADA, SpaceX,
ministries BRIN,
nations Australia, Indonesia, Republik Rakyat Cina,
places KALIMANTAN BARAT,
cities Tiongkok,