Bangkai Paus di Banyuwangi Digunakan Untuk Riset

  • 02 Agustus 2022 20:44:05
  • Views: 2

KBRN, Banyuwangi: Bangkai paus sperma yang terdampar di perairan Pantai Bulusan Banyuwangi bakal diautopsi, sebelum dikubur.  Autopsi paus jenis sperma (Physeter macrocephalus) akan menjadi bahan riset Universitas Airlangga (Unair) untuk mengetahui penyebab terdampar hingga mati.

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani mengatakan terdamparnya Paus di Banyuwangi merupakan hal langkah yang jarang terjadi. 

Bangkai paus ini bakal dievakuasi dan diautopsi untuk keperluan riset dan ilmu pengetahuan. Kita melibatkan Fakultas Kedokteran Hewan Unair untuk melakukan autopsinya, kata Ipuk saat mengecek di lokasi, Selasa (2/8/2022). Dicek dulu kematiannya karena apa, dan ini akan berguna bagi riset dan ilmu pengetahuan ke depan, tentu akan menambah khazanah keilmuan soal paus. 

Salah satu tim dari Unair, drh Aditya Yudhana menyebutkan bahwa proses autopsi sendiri akan dilakukan di lokasi setelah bangkai tersebut dievakuasi ke daratan.

Di antaranya kita akan memeriksa sistem pencernaannya. Apakah ada pendarahan, benjolan atau lain sebagainya. Untuk sementara kami belum bisa mengungkapkan hasilnya, karena masih proses, ujar drh Aditya.

Kejadian ini diawali pada, pada Senin (1/8/2022), seekor paus sperma  pertama terlihat dari utara, tepatnya di kawasan perairan Selat Bali. Mamalia besar tersebut terlihat kebingungan dan hanya berputar-putar di perairan berjarak 50 meter dari bibir pantai. Selang beberapa lama terdampar di pantai Bulusan Kecamatan Kalipuro.  

Tim penyelamat kesulitan mengevakuasi paus ke tengah laut karena air di pesisir pantai Bulusan mulai surut. Mamalia yang memiliki berat mencapai 27 ton, akhirnya  mati.


https://rri.co.id/daerah/1564138/bangkai-paus-di-banyuwangi-digunakan-untuk-riset?utm_source=news_main&utm_medium=internal_link&utm_campaign=General%20Campaign

Sumber: https://rri.co.id/daerah/1564138/bangkai-paus-di-banyuwangi-digunakan-untuk-riset?utm_source=news_main&utm_medium=internal_link&utm_campaign=General%20Campaign
Tokoh



Graph

Extracted

persons Ipuk Fiestiandani,
companies ADA,
institutions UNAIR, Universitas Airlangga,
topics autopsi,
cities Banyuwangi,