Solusi untuk Warga Jakarta, Mahasiswa Ini Berhasil Ciptakan Konsep Perumahan Apung Tahan Banjir

  • 02 Agustus 2022 19:38:44
  • Views: 2

PIKIRAN RAKYAT - Mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) menciptakan solusi untuk warga DKI Jakarta yang seringkali mendapat musibah banjir.

Adalah Muhammad Isa Tsaqif, mahasiswa Jurusan Arsitektur ITB itu berhasil menciptakan desain perumahan tahan banjir yang lengkap dengan fasilitas sebagai solusi untuk mengatasi banjir Jakarta.

Meski saat ini sudah banyak bangunan apung yang dibuat untuk solusi rumah tahan banjir, namun menurutnya selama ini bentuknya masih satuan.

Baca Juga: Mahfud MD Dapat Pesan Khusus dari Jokowi Minta Kasus Brigadir J Diusut Transparan: Kalau Disembunyikan...

Dengan begitu, Isa mencoba merealisasikan konsep rumah padat penghuni apung yang lengkap dengan segala fasilitas yang menunjang dan juga bisa mengapung saat banjir tiba.

Saya berharap dapat memberikan kontribusi perkembangan ilmu arsitektur dan pembangunan ke depannya, ujar Muhammad Isa Tsaqif.

Isa yang merupakan warga DKI Jakarta turut menyadari ancaman yang menghantui wilayah metropolitan itu. Dengan tajuk desain 'Cilincing Flood Resilient Housing', Isa berhasil merealisasikan desain perumahan apung tahan banjir.

Baca Juga: Viral! Ratusan Minyak Goreng Kemasan Tumpah di Laut Jawa, Ternyata Ini Penyebabnya

Hal yang membuat Isa semakin terdorong merealisasikan konsepnya itu adalah karena isu tenggelamnya Jakarta di tahun 2050.


https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-015170570/solusi-untuk-warga-jakarta-mahasiswa-ini-berhasil-ciptakan-konsep-perumahan-apung-tahan-banjir

Sumber: https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-015170570/solusi-untuk-warga-jakarta-mahasiswa-ini-berhasil-ciptakan-konsep-perumahan-apung-tahan-banjir
Tokoh







Graph

Extracted

persons joko widodo, Mahfud MD, Muhammad,
institutions ITB,
topics Banjir,
places DKI Jakarta, JAWA BARAT,
cities bandung, Cilincing,