Wapres Lantik Ribuan Pamong Praja Muda IPDN

  • 02 Agustus 2022 18:40:40
  • Views: 4

KBRN, Jakarta: Wakil Presiden Ma’ruf Amin melantik 1.922 Pamong Praja Muda Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), yang diselenggarakan secara hybrid atau campuran,  di Istana Wapres Jakarta, Selasa (02/08/2022).

Wapres menilai penting bagi para lulusan IPDN Angkatan 29 itu melakukan penguasaan kompetensi berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi. Hal ini sebagai modal kesiapan menghadapi perkembangan zaman. 

“Jadikan penguasaan kompetensi berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai modal kesiapan menghadapi perkembangan zaman. Di sisi lain, tetap jaga identitas dan jati diri bangsa di tengah tantangan era disrupsi dan kemajuan peradaban, kata Wapres.

Secara khusus, Wapres turut menekankan kepada Pamong Praja Muda untuk menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) yang anti korupsi, dengan meningkatkan iman dan takwa.

“Perkuat iman dan takwa, serta sikap antikorupsi. Berikan teladan dalam kejujuran dan profesionalitas bagi masyarakat dan lingkungan, ujarnya.

Bangun kepekaan terhadap dinamika sosial masyarakat, utamanya untuk mengantisipasi tumbuhnya paham-paham radikalisme, terorisme, dan bahaya narkoba atau zat adiktif lainnya, ucapnya.

Wapres mengharapkan, ASN tidak lagi berorientasi pada jabatan struktural. Melainkan, semakin meningkatkan kompetensi dalam mengisi jabatan fungsional.

“Seiring dengan kebijakan reformasi birokrasi nasional, kini perluasan kerangka berpikir semakin dibutuhkan. Dengan demikian, ASN diharapkan tidak lagi berorientasi pada jabatan struktural, tetapi semakin termotivasi untuk meningkatkan kompetensi dan kualitas diri dalam mengisi jabatan fungsional yang mengutamakan keahlian, kata Wapres, melanjutkan.

Wapres juga mengharapkan, agar para lulusan IPDN itu aktif menjadi motor penggerak akselerasi peningkatan kualitas pelayanan publik dengan menghadirkan gagasan segar. Serta memberikan terobosan untuk eskalasi efektivitas dan efisiensi jalannya pemerintahan.

Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian mengatakan, para Pamong Praja Muda yang dilantik akan segera memulai penugasan sebagai ASN di seluruh wilayah Indonesia.

“Setelah dilantik oleh Wapres para Pamong Praja Muda ini akan memulai penugasan sebagai Aparatur Sipil Negara kepada bangsa Republik Indonesia, baik di pemerintah pusat, provinsi, kabupaten maupun kota di seluruh Indonesia, kata Mendagri.

Pelantikan 1.992 dilaksanakan secara campuran yang dipusatkan di Istana Wakil Presiden Jakarta dan Kampus IPDN di Jatinangor, Jawa Barat.

Tak ketinggalan selebrasi juga dilakukan oleh 1.992 Pamong Praja Muda yang sebelumnya telah diwisuda, Kamis (28/07).


https://rri.co.id/nasional/peristiwa/1564022/wapres-lantik-ribuan-pamong-praja-muda-ipdn?utm_source=news_main&utm_medium=internal_link&utm_campaign=General%20Campaign

Sumber: https://rri.co.id/nasional/peristiwa/1564022/wapres-lantik-ribuan-pamong-praja-muda-ipdn?utm_source=news_main&utm_medium=internal_link&utm_campaign=General%20Campaign
Tokoh





Graph

Extracted

persons Muhammad, Tito Karnavian,
ministries ASN, Kemendagri,
institutions IPDN,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta, JAWA BARAT,
cities Jati,
cases korupsi, Narkoba,