Kemenkeu Yakin APBN Kuat Bayar Subsidi BBM dan Listrik

  • 02 Agustus 2022 16:59:14
  • Views: 6

Liputan6.com, Jakarta - Staf Khusus Menteri Keuangan Yustinus Prastowo, mengatakan bahwa Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) masih mampu memenuhi anggaran subsidi energi untuk Bahan Bakar Minyak (BBM) dan listrik.

(Ketahanan APBN) Seperti kemarin disampaikan KSSK, kita cukup punya daya tahan untuk itu, kata Yustinus kepada Liputan6.com, Selasa (2/8/2022).

Sebelumnya, Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) menyatakan, stabilitas sistem keuangan Indonesia masih terjaga hingga Juni 2022 di tengah perekonomian global yang meningkat.

Hal tersebut berdasarkan hasil rapat koordinasi di kuartal II-2022 yang sudah dilakukan oleh KSSK, yang terdiri dari Kementerian Keuangan, Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan, dan Lembaga Penjamin Simpanan.

Anak buah Menteri Keuangan ini menegaskan, subsidi BBM dan listrik masih menjadi bantalan ekonomi untuk mencegah terjadinya inflasi yang tinggi.

Iya (subsidi masih jadi bantalan), karena kondisinya masih pemulihan ekonomi ya, apalagi masyarakat yang paling terdampak harus dilindungi yang daya beli tidak cukup tak mampu, itu komitmen, ujarnya.

Ketika ditanya lebih lanjut terkait rencana penambahan subsidi, Yustinus mengatakan pihaknya masih menunggu langkah dari Kementerian ESDM, Pertamina, dan PLN. Sebab, dibutuhkan perhitungan yang matang sebelum Pemerintah menggelontorkan tambahan subsidi.

Itu nanti nunggu bagaimana ESDM, Pertamina, PLN menghitung ya. Dan kita mintakan dari Banggar jika ada perubahan, ujarnya.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Kabar mengenai bahan bakar minyak atau BBM subsidi Pertalite dan Solar kembali mencuat. Setelah sebelumnya pemerintah memastikan BBM jenis tersebut harganya tak naik, kini mencuat wacana pembatasan penggunaan kedua jenis BBM subsidi itu.


https://www.liputan6.com/bisnis/read/5031454/kemenkeu-yakin-apbn-kuat-bayar-subsidi-bbm-dan-listrik

Sumber: https://www.liputan6.com/bisnis/read/5031454/kemenkeu-yakin-apbn-kuat-bayar-subsidi-bbm-dan-listrik
Tokoh



Graph

Extracted

persons Yustinus Prastowo,
companies ADA, WhatsApp,
ministries BI, Kemenkeu, Kementerian ESDM, Kementerian Keuangan, KSSK, LPS, OJK,
bumns PLN, PT Pertamina,
topics APBN, Listrik, Subsisdi BBM,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta,