Gegara Kuburan Bansos Presiden Busuk di Depok, DPR Minta Kemensos Tidak Diam: Evaluasi Menyeluruh!

  • 02 Agustus 2022 16:48:20
  • Views: 5

Suara.com - Wakil Ketua DPR RI Muhaimin Iskandar meminta Kementerian Sosial tidak tinggal diam atas temuan beras bansos atau bantuan sosial Presiden Jokowi yang dikubur karena diklaim kedaluwarsa atau busuk di Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat.

Politisi yang akrab disapa Cak Imin itu meminta Kemensos menelusuri mekanisme penyaluran bansos yang sampai bisa membusuk lalu dikubur.

Temuan beras bansos yang membusuk ini harus dilakukan evaluasi secara menyeluruh. Sebab, ini mengindikasikan prosedur penyaluran bansos tidak sesuai ketentuan sehingga berdampak pada adanya masyarakat tidak mendapatkan bansos yang menjadi haknya, kata Muhaimin, Selasa (2/8/2022).

Ia mendorong Kemensos bersama Polri untuk melakukan penyelidikan terhadap kuburan bansos di Depok.

Baca Juga: Ada Kuburan Beras Bansos di Depok, Pemerintah Harus Jelaskan ke Rakyat!

Di sisi lain, ia sekaligus meminta Kemensos memberikan penjelasan kepada publik.

Kemensos harus menginformasikan kepada masyarakat mengenai mekanisme pembuangan atau penggantian bansos apabila bansos rusak atau tidak layak diberikan kepada penerima bansos sehingga ke depannya dapat dilakukan mekanisme yang tepat untuk mengatasi bansos yang rusak atau sudah tidak layak, tutur Muhaimin.

Menurut Muhaimin, Kemensos juga perlu meningkatkan pengawasan dari pendistribusian bansos.

Baik tunai maupun non-tunai sehingga bansos dapat disalurkan tepat sasaran dan sesuai dengan jumlah atau nominal yang telah ditetapkan, tandasnya.

Mensos Jangan Lepas Tanggung Jawab

Baca Juga: 7 Fakta Temuan Bansos Presiden Dikubur di Depok, Mirip Bangkai hingga Pengakuan Tak Terduga Tukang Septic Tank

Pernyataan Menteri Sosial Tri Rismaharini menjadi sorotan karena dianggap ogah bertanggung jawab ihwal temuan kuburan bansos atau bantuan sosial di Kota Depok. Menanggapi itu, Komisi VIII DPR selaku mitra Kemensos, mewanti-wanti Risma.

Menteri
Menteri Sosial Tri Rismaharini . [ANTARA/Abdu Faisal]

Wakil Ketua Komisi VIII DPR Ace Hasan Syadzily memperingatkan Risma agar tidak berbicara demikian.

Seharusnya Menteri Sosial jangan bicara seperti itu yang terkesan lepas tanggungjawab, ujar Ace kepada wartawan, Selasa (2/8/2022).

Ace mengatakan persoalan bansos harus dilihat secara kelembagaan, siapa yang memiliki kebijakan tersebut. Bukan justru melihat siapa pejabatnya.

Karena itu, Ace meminta agar temuan kuburan bansos di wilayah Kota Depok tetap diusut.

Harusnya tetap diselidiki dari temuan itu sehingga bisa ketahui timbunan beras bansos ini seperti apa dan terjadi saat Mensosnya siapa, kata Ace.

Sebelumnya Mensos Risma memastikan bahwa bantuan sosial (bansos) yang terkubur dan ditemukan di kawasan Kampung Serab, Sukmajaya, Depok, Jawa Barat, tidak dilakukan dari masa dia menjabat.

Jadi yang jelas itu bukan zaman saya, karena waktu saya jadi menteri, Bapak Presiden sudah menyampaikan 'Bu Risma, jangan bantuan berupa barang, ucap Risma mengutip dari Antara.

Risma menambahkan pesan dari Presiden tersebut menjadi alasan saat mulai menjabat, di mana dia menyalurkan bansos dalam bentuk uang.

Tapi itu salah satu, dan itu memang aturannya boleh di perpres tentang bantuan itu boleh dalam bentuk uang dan barang, kata dia.


https://www.suara.com/news/2022/08/02/163159/gegara-kuburan-bansos-presiden-busuk-di-depok-dpr-minta-kemensos-tidak-diam-evaluasi-menyeluruh

Sumber: https://www.suara.com/news/2022/08/02/163159/gegara-kuburan-bansos-presiden-busuk-di-depok-dpr-minta-kemensos-tidak-diam-evaluasi-menyeluruh
Tokoh









Graph