Pemprov Jateng Bakal Punya Asrama Haji Baru di Wilayah Pantura

  • 02 Agustus 2022 15:19:29
  • Views: 2

MerahPutih.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah mengantisipasi penambahan kuota jemaah haji dengan merencanakan pembangunan asrama baru.

Pemprov Jateng rencananya bakal membangun lokasi asrama haji baru di wilayah Pantai Utara (Pantura).

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan, pihaknya menilai perlu adanya menambah satu asrama haji di Jawa Tengah. Salah satu alasannya adalah kemungkinan kuota haji yang meningkat untuk Jawa Tengah beberapa tahun ke depan.

Saya sudah menjelaskan pada Komisi VIII DPR ingin memastikan mitra kerjanya khususnya evaluasi pelaksanaan ibadah haji 2022 dan evaluasinya, kata Ganjar, Selasa (2/8).

Baca Juga:

50 Persen Jemaah Haji Indonesia Kembali ke Tanah Air

Ia mengatakan, kemungkinan kuota haji meningkatkan dan beberapa tempat menjadi pertimbangan untuk asrama haji baru di Jawa Tengah. Menurut dia, Jawa Tengah membutuhkan satu asrama haji lagi di wilayah Pantura.

Sebenarnya yang paling bagus lokasi asrama haji sekitar Semarang Raya, tepatnya wilayah Demak atau Kendal, kata dia.

Dikatakannya, ada sejumlah masukan mengenai Asrama Haji Donohudan, Boyolali supaya bisa memberikan fasilitas dan layanan kepada calon jemaah haji. Sejumlah simulasi, antara lain cara naik pesawat, membuka kunci hotel, dan mengoperasikan kran panas serta dingin.

Secara menyeluruh pelaksanaan haji di Asrama Haji Donohudan tahun ini cukup bagus. Peningkatan pelayanan akan terus dilakukan, kata dia.

Baca Juga:

39.551 Jemaah Haji Indonesia Sudah Tiba di Tanah Air

Kakanwil Kemenag Provinsi Jateng Musta'in Ahmad mengatakan, kuota haji Jawa Tengah tahun 1443 H/2022 M ada sebanyak 13.868 orang dari total 100.051 kuota haji Indonesia. Mengenai kuota tahun depan apakah bertambah, ia menegaskan hal itu tergantung pada kebijakan pemerintah Arab Saudi.

Tahun ini Jateng dapat 13.868 kuota haji karena Arab Saudi mematok 1 juta kuota haji seluruh dunia, kata dia.

Musta'in menyampaikan untuk kuota haji Jawa Tengah tahun depan apakah akan bertambah. Pihaknya masih akan menunggu kebijakan dari Arab Saudi.

Rencananya, Arab Saudi pada 2030 mendatang akan meningkatkan jumlah kuota haji seluruh dunia sebesar 5 juta orang. (Ismail/Jawa Tengah)

Baca Juga:

Kondisi Jemaah di Madinah Mulai Menurun setelah Puncak Haji


https://merahputih.com/post/read/pemprov-jateng-bakal-punya-asrama-haji-baru-di-wilayah-pantura

Sumber: https://merahputih.com/post/read/pemprov-jateng-bakal-punya-asrama-haji-baru-di-wilayah-pantura
Tokoh



Graph

Extracted

persons Ganjar Pranowo,
companies ADA,
ministries DPR RI, Kemenag, Komisi VIII DPR,
topics haji,
events Ibadah Haji,
nations Arab Saudi, Indonesia,
places JAWA TENGAH,
cities Boyolali, Demak, Kendal, Madinah, Semarang,