Mahfud MD: RKUHP Masuk Tahap Akhir Pembahasan

  • 02 Agustus 2022 11:53:15
  • Views: 6

Selasa, 2 Agustus 2022 - 11:13 WIB

VIVA Nasional – Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan, Mahfud MD mengungkapkan dirinya telah dipanggil oleh Presiden Joko Widodo ke Istana untuk membahas mengenai perkembangan terbaru rancangan kitab undang-undang hukum pidana atau RKUHP. Mahfud mengatakan, bahwa saat ini perkembangan RKUHP sudah mencapai tahap akhir pembahasan.

Rancangan kitab undang-undang hukum pidana sudah hampir final dan sudah masuk tahap-tahap akhir pembahasan. Mengapa dikatakan hampir final karena RUU KUHP ini mencakup lebih dari 700 pasal yang kalau diurai ke dalam materi-materi rinci bisa ribuan masalah tetapi sekarang masih ada beberapa masalah kira-kira 14 masalah yang perlu diperjelas, kata Mahfud, dalam konferensi persnya di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa 2 Agustus 2022

Aksi

Aksi Demonstrasi Tolak RKUHP dan UU KPK di gedung DPR/MPR. (Foto ilustrasi)

Dalam pertemuannya pagi hari ini, Mahfud mengungkapkan bahwa Presiden memerintahkan agar Kementerian terkait melibatkan masyarakat dalam proses pembuatan RKUHP itu.

Presiden juga meminta agar sejumlah isu krusial dalam RKUHP tersebut semuanya sudah benar-benar disosialisasi dan dipahami oleh masyarakat.

Bapak Presiden memerintahkan kepada kami dari pemerintah yang terkait dengan ini untuk sekali lagi memastikan bahwa masyarakat sudah paham terhadap masalah-masalah yang masih diperdebatkan itu, sehingga kami diminta untuk mendiskusikan lagi secara masif dengan masyarakat untuk memberi pengertian dan justru Minta pendapat dan usul-usul dari masyarakat, ujarnya.

Menko

https://www.viva.co.id/berita/nasional/1504633-mahfud-md-rkuhp-masuk-tahap-akhir-pembahasan

Sumber: https://www.viva.co.id/berita/nasional/1504633-mahfud-md-rkuhp-masuk-tahap-akhir-pembahasan
Tokoh





Graph

Extracted

persons joko widodo, Mahfud MD,
companies ADA,
ministries DPR RI, KPK, MPR RI,
fasums Gedung DPR,
places DKI Jakarta, JAWA TIMUR,
cities Surabaya,